Tegas News
Pendidikan

*BEM Fakultas Ekonomi UIT Gelar Seminar Koperasi dan UMKM*

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Timur (FE-UIT) Gelar Seminar Koperasi dan UMKM di Kampus I UIT Jl.Rappocini Raya No.171-173 Makassar, Kamis, 13 Juni 2024.

Seminar ini dengan mengusung tema ” Meningkatkan Profesionalisme SDM Menuju Koperasi Berbasis Digital Di Rangkaian dengan Penandatangan MoU.

Kegiatan seminar ini dengan menghadirkan narasumber yakni Bahtiar Baso, S.Pd, MM, dan Ahyar Muawil, SKM, MT dàri Kementerian Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, dan Moderator Nurhaedah, SE, M.Si.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr.H.Hatta Saleh, SE, M.Si mengatakan menyambut baik acara ini semoga mahasiswa bisa termotivasi untuk meningkatkan pengetahuannya sejajar dengan peningkatan skill/keterampilan dalam menghadapi dunia kerja di masa depan,” kata Hatta Saleh.

Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE,MM mengapresiasi kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan , dan saya mengucapkan terima kasih banyak pak Dekan memberikan support tentang koperasi itu sendiri karena materinya Meningkatkan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Menuju Koperasi Berbasis Digital.

Kami mengharapkan kepada Dekan bisa membuka program studi Bisnis Digital supaya adik-adik calon mahasiswa kita bukan saja belajar Manajemen dan Akuntansi tapi bagaimana dia wawasan tentang digital karena bisnis digital sekarang ini menjadi sebuah acuan dalam pengembangan kampus yang kita harapkan.

Menurut Rektor, Koperasi adalah sokoguru perekonomian Indonesia, cuma koperasi ini banyak yang menyalahgunakan, kalau dulu digunakan sebagai sebuah sumber gotong royong, dan sekarang muncul beberapa macan koperasi yang paling banyak sekarang adalah Koperasi Simpan Pinjam, dan bagaimana sistem koperasi berbasis digital.

Anak-anakku sekalian yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ini mata kuliah tentang koperasi, mungkin bapak ibu dosen yang mengajarkan perlu juga ada sebuah kajian bukan hanya belajar teori tapi ke koperasi-koperasi melihat sistem penangan koperasi itu sendiri.

Harapan saya ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis bagaimana peranan anak-anak kita yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, bukan cuma belajar teori tapi ada sebuah aplikasi sesuai dengan temanya ada bahasa meningkatkan profesionalisme SDM. Peningkatan SDM itu yang berkaitan dengan calon-calon sarjana, bagaimana menuju koperasi berbasis digital, mudahan-mudahan acara seminar ini anak-anakku akan tau lebih dalam, ” kata Rektor ketika membuka seminar.

Sementara itu, Ka.Prodi Manajemen, Supiati, SE, MM mengatakan berharap seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIT dapat menangkap peluang dalam berbisnis dengan menggunakan digital, karena digital mereka dapat menguasai dunia industri terutama dalam.memasarkan produknya.

Dalam seminar yang bertema ” Meningkatkan Profesionalisme SDM Menuju Koperasi berbasis E-Commerce ” dengan jelas disampaikan oleh pemateri bahwa UMKM untuk memasuki dunia industri saat ini, sangat mudah, karena Kementerian Koperasi dan UKM memberikan izin usaha, Pirt, Halal dan Izin Edar secara gratis.

Harapan saya sebagai Ketua Prodi, semoga mahasiswa termotivasi untuk.meningkatkan pengetahuannya sehingga skilnyapun akan terdorong menghadapi dunia industri saat ini yang serba Digital, “ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri, Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman. S.Pt, SE, MM, Dekan Fak. Ekonomi, Dr.H.Hatta Saleh, SE, M.Si, Wakil Dekan Psikologi, H.A.Tajuddin, S.Psi, M.Kes, M.Si, Ka.Prodi Manajemen, Supiati, SE, MM, Ka.Prodi Akuntansi, Ramli Thoalib, SE, M.Si, M.Ak, Dosen, Pengurus BEM dan MPM Fak. Ekonomi, Pengurus BEM dan MPM se UIT.

(Humas UIT/Beddu Lahi, Supiati).

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News