Tegas News
Uncategorized

Berkebun dibawah Lereng Gunung Lompo Battang

TEGASNEWS.ID –.BULUKUMBA. Berada di bawah lereng gunung Lompo Battang dan memiliki ketinggian diatas 2.000 mdpl Desa Kindang saraf akan perkebunan kopi dan cengkeh. Selain itu dalam rentang waktu 5 tahun terakhir para petani juga mulai menggeluti budidaya porang sebagai salahsatu komoditi andalan di Desa Kindang.

 

Desa Kindang sendiri terletak dibagian barat Bulukumba, dengan mayoritas penduduknya adalah petani.

Berbeda dengan Syahrir, Petani milenial ini mencoba melakukan inovasi baru dengan membudidaya sayur mayur, dapat dikatakan ini adalah inovasi terbaru di Desa Kindang.

Ditemui di kebunnya Kamis (17/03/22), Wakil Ketua BPD ini menyampaikan bahwa “budidaya sayur mayur ini merupakan inovasi baru yang coba saya kembangkan di Kindang, jika Bantaeng ada Loka’nya, Gowa ada Malinonya, maka Bulukumba ada Kindangnya”, Ujarnya.

Spirit petani milenial harus terus digugah agar stafet pertanian dapat terus tumbuh sebagai pendongkrak cita-cita Bangsa.

Syahrir menanam sayuran dilahan bekas persawahan milik Bapak Sattu. Oleh pemiliknya sudah tidak lagi diolah karena memiliki aktivitas di Makassar sehingga tidak memungkinkan lagi menggarap sawah. Hasil panen sayur mayur ini kemudian dibagi hasil dengan pemilik lahan.

“Iya, ini sawah milik Bapak Sattu yang sudah tidak lagi dikelola karena memiliki kesibukan di Makassar, jadi hasil sayur mayur nantinya akan saya bagi dengan beliau, saya akan membelikan beliau gabah sesuai dengan hasil panen dari sawah ini saat dikelola”, terang Syahrir

Lahan yang dulunya berjumlah 18 petak ini telah ditanami sebanyak 15 kg sayuran dengan berbagai macam. Ada Kacang panjang, buncis, sawi, kangkung, labu, pare, dan terong.

“Semoga inovasi ini juga mampu menjadi pendongkrak perekonomian, dan kedepannya menjadi komoditas unggulan di Desa Kindang, tentunya dengan mengedepankan kualitas dan kuantitas”, tutupnya. (ADK)

EDITOR : JANUR

Berita Terkait

Yusuf Penjual Somay Pakai Motor ini Setiap Saat Mangkal di Depan Kampus Unismuh Makassar

Tegas News

Wulan Siswa SMAN 21 Gowa Menilai Sosialisasi Unismuh Makassar Tampil Beda

Tegas News

Wujudkan Pelayanan Prima, Kapolsek bersama Personel Polsek Tompobulu Turun Melaksanakan Pengaturan di Depan Pasar

Tegas News

Wujudkan Impian dan Cita Cita, Nurul Cahyani Alumni SMA Negeri 1 Takalar Pilih Kuliah di Unismuh Makassar

Tegas News

Wujud Kepedulian, Wakapolres Gowa Kunjungi Anggota Yang Sakit dan Berduka

Tegas News

WOW, SEMARAK ULTAH DI KOMPLEKS BULOG

Tegas News