Tegas News
Pendidikan

Bupati Bone Andi Fahsar: Kehadiran UT di Bone Sangat Dibutuhkan

TEGASNEWS.ID – BONE. Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi merasa orang yang paling berbahagia dengan kehadiran Sentra Layanan Universitas Terbuka ( Salut ) di Kabupaten Bone.

Dikatakan, kehadiran Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pelopor pendidikan jarak jauh sangat dibutuhkan di Bone, karena dengan kehadirannya dapat membantu peningkatan SDM masyarakat Bone.

Andi Fahsar siap memberikan support atas kehadiran UT di Bone. Dengan hadirnya SALUT menurutnya akan semakin memudahkan masyarakat Bone utamanya lulusan SMA atau yang sederajat mengakses pendidikan berkualitas di Perguruan Tinggi tanpa harus ke Makassar atau ke Jakarta.

Bupati Bone Andi Fahsar mengatakan hal ini saat peresmian Sentra Layanan UT di Bone, Jumat, 1 April 2022.

Rangkain peresmian juga penandatanganan perjanjian kerjasama antara Universitas Terbuka Makassar dengan Sentra Layanan Universitas Terbuka Bone dilanjutkan dengan penandatanganan piagam peresmian SALUT Bone.

Acara peresmian ini turut dihadiri Rektor UT, Prof Ojat Darojat, MBus, Ph.D, Direktur UT, Drs. Hasanuddin, M.Si; Asisten Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Yuli Tirtariandi El Anshori, S.IP, M.AP; Kepala Pusat Hubungan Internasional dan Kemitraan, Maya Maria, SE, MM, Penanggungjawab Kerjasama, Humas dan Alumni, Prof Dr H Abd Rahman Rahim, SE, MM dan anggota rombongan ST Yani Hiola serta Ketua Salut Bone, Hartono, SE dan lainnya.

Bupati Bone Andi Fashar mengaku terus terang kalau UT di daerah termasuk Bone belum banyak dikenal oleh masyarakat bahkan dianggap tidak ada. Oleh karena itu dengan kehadiran Salut di Bone dapat menepis anggapan ini.

Ketua IKA Fisipol Unhas ini, menyarankan untuk memperbanyak sosialisasi ke bawah. Menurut bupati UT sangat gampang disosialisasikan karena di Bone ini ada 3000-an alumni UT yang bisa membantu dan bahkan sudah banyak yang jadi pejabat.

” Kalau setiap alumni ini bisa ditargetkan dapat merekrut satu orang saja bisa mendapatkan mahasiswa UT sampai 3000-an orang,”sebut Andi Fahsar Padjalangi.

Dilatakan bupati bahwa UT menawarkan banyak pilihan, memiliki program studi mulai dari program studi jenjang pendidikan diploma, S1, S2 dan S3.

Bupati juga memuji model pendidikan di UT, yakni terbuka dan jarak jauh dan diera sekarang ini model pendidikan di UT dianggap paling top.

Agar UT ini dapat lebih maju di daerah, Bupati Andi Fahsar Padjalangi memberikan usul kepada pengelola untuk melibatkan alumni dalam mensosialisasikan UT. Dikatakan alumni adalah orang- orang yang memiliki potensi yang bisa membantu dalam pengembangan UT.

Sementara itu Direktur UT Makassar, Dra Hasanuddin, M.Si, dalam sambutannya mengatakan merasa bersyukur karena peresmian Salut di Bone ini dihadiri oleh Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi dan dengan kehadirannya dalam acara ini UT akan semakin dikenal dimasyarakat dan lebih maju.

Dikatakan Hasanuddin alumni UT di Kab. Bone tercatat mencapai 3000-an orang dan sekarang ini yamg sudah mendaftar telah mencapai 100 orang.

Hasanuddin mengatakan beberapa waktu lalu telah melakukan sosialisasi mengenalkan UT lebih mendalam sekaligus akan terus melakukan pendampingan dalam melakukan sosialisasi.

Dikatakan pula keberadaan Salut di daerah adalah perpanjangan tangan UT yang ada di Makassar, karena itu Salut dilengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam menunjang proses pendidikan online, seperti laptol, tenaga IT, tenaga administrasi dan dosen

Sementara itu Rektor UT, Prof Ojat Darojat dalam sambutannya mengatakan, SALUT diadakan di kabupaten untuk memudahkan masyarakat baik mahasiswa, alumni dan siapapun yang berkempentingan dengan UT dapat diakses dengan mudah.

Dikatakan kalau selama ini harus ke Makassar maka dengan adanya Salut di daerah cukup di kabupaten mereka sudah bisa memperoleh berbagai macam informasi yang tersedia sama yang ada di pusat maupun di wilayah.***

EDITOR : YAHYA/JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News