Tegas News
Pendidikan

Demi Publikasi dan Citra Sekolah, Yayasan Hang Tuah Pasang Twibbon Seragam Hasil Lomba

TEGASNEWS.ID – Makassar. Era digital juga menjadikan strategi komunikasi dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan IT. Kini, publikasi dan promosi dapat dilakukan relatif mudah dan murah melalui beragam platform media sosial. Bentuknya bisa meme, flyer, twibbon, dan lain-lain.

Yayasan Hang Tuah menyadari betul pemanfaatan media digital ini. Sehingga, mereka mengadakan lomba Desain Twibbon, dalam memperingati HUT ke-75 Yayasan Hang Tuah. Peserta lombanya terdiri dari satuan pendidikan (Satdik) di lingkup yayasan tersebut.

Hasilnya sudah diumumkan pada tanggal 18 Januari 2022, di mana SMP Hang Tuah 6 Jakarta keluar sebagai Juara I, SMP Hang Tuah Execellent Jakarta, sebagai Juara II, sedangkan SD Hang Tuah Makassar ditetapkan sebagai Juara III.

Dalam twibbon itu dibuatkan caption berupa moto yang diselaraskan dengan spirit lomba dan tema. Tema peringatan HUT ke-75 Yayasan Hang Tuah, tahun ini adalah “Dengan karakter jiwa bahari, Yayasan Hang Tuah siap membentuk SDM yang unggul dalam rangka Indonesia tangguh”.

Siti Muthmainnah Massi, S.Pd, M.Pd, yang dipercayakan oleh pihak SD Hang Tuah Makassar membuat twibbon, menuturkan bahwa awalnya dia searching di Google untuk melihat-lihat beberapa bentuk twitbon.

“Namun belum ada yang sreg. Jadi saya mencari hal yang berkaitan dengan ciri khas Yayasan Hang Tuah dan maritim,” kisahnya.

Guru mata pelajaran Bahasa Inggris yang akrab disapa Miss Inna itu lalu terpikir untuk memasukkan gambar jangkar. Dia kemudian men-searching gambar jangkar dan menemukan sesuai dengan yang dicari.

Beberapa macam ciri khas Yayasan Hang Tuah dan kemaritiman seperti kapal, buku, pelaut juga disatukan dan dikreasikan menjadi twitbon.

“Jadi, setiap detail dari twitbon ini saya cari satu per satu. Saya memilih jangkar sebagai bingkai agar terkesan berbeda dan tetap menggambarlan ciri khas Yayasan Hang Tuah dan kemaritiman,” paparnya.

Sesuai tujuan kegiatan, yakni untuk publikasi serentak maka Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah mengumumkan twibbon ketiga pemenang digunakan sebagai display picture (DP) WhatsApp. Pengumuman itu diteruskan kemudian oleh Kepala SD Hang Tuah Makassar, Arpin, S.Pd, M.Pd.

Dalam pengumuman itu disampaikan bahwa setelah ditetapkan sebagai pemenang lomba Desain Twibbon, dalam rangka HUT ke-75 Yayasan Hang Tuah, tahun 2022, sesuai flyer/pamfletnya, maka seluruh warga Yayasan Hang Tuah, mulai dari Pengurus Pusat, Pengurus Cabang, Pengurus Perwakilan, Kasatdik, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependikan, Karyawan hingga Siswa, diminta menggunakn twibbon dari salah satu pemenang sebagai DP WhatsApp masing-masing.

Penggunaan twibbon ini diharapkan sebagai bentuk publikasi bagi masyarakat luas. Sehingga eksistensi Yayasan Hang Tuah semakin dikenal. Penggunaan twibbon sebagai DP mulai dilakukan sejak 25 Januari 2022 sampai dengan 31 Januari 2022.

Twibbon SD Hang Tuah Makassar di posting di berbagai platform media sosial, sejak 15 Januari 2022, salah satunya melalui Instagram sekolah itu sdhangtuahmks. Disertakan juga tanda tagar berupa makassar_#TWIBBONHUT75YHT #HUTKE75YHT dan #yayasanhangtuah.

Dalam twibbon tersebut, selain foto, dicantumkan logo YHT, maskot YHT, dan logo perayaan ulang tahun ke-75. Juga terdapat tulisan “Meningkatkan karakter dan jiwa bahari melalui gerakan literasi untuk memajukan SDM Yayasan Hang Tuah dalam rangka Indonesia tangguh”.

Selama perhelatan HUT Yayasan Hang Tuah Ke-75, tahun 2022, ada banyak kegiatan yang digelar. Selain lomba Desain Twibbon, juga diadakan seminar nasional kemaritiman dan makan ikan bersama serentak. Masih ada lagi kegiatan sosial berupa vaksinasi Covid-19 dan donor darah. (*)

EDITOR : JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News