Tegas News
Pendidikan

Dorong Peningkatan Kesehatan Masayarakat, Bupati Bantaeng Gandeng Unismuh Makassar

 

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Bupati Bantaeng Dr Ilhamsyah Azikin mengajak Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar untuk bersinergi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Bantaeng.

Hal itu disampaikan Ilhamsyah saat memberikan sambutan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Bantaeng dengan Unismuh Makassar. Seremonial berlangsung di Gedung FKIK Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Kamis 13 Januari 2022.

Ilhamsyah menambahkan, menjaga derajat kesehatan masyarakat, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi membutuhkan kerjasama berbagai pihak, termasuk pihak kampus.

Pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir, lanjutnya, membuat semua Lembaga terkena dampak. Percepatan vaksinasi saat ini, juga perlu partisipasi semua pihak, agar segera terwujud herd immunity atau kekebalan masyarakat.

“Berdasarkan petunjuk Mendagri, kami diminta untuk mengukur kekebalan masyarakat melalui survei. Saya berharap Unismuh yang bisa melakukannya pertama kali di Bantaeng,” harap nakhoda Kabupaten Bantaeng ini.

Menyahuti Bupati Bantaeng, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyampaikan apresiasinya atas ajakan kolaborasi tersebut. Saat ini, ungkapnya, Unismuh juga berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk mempercapat vaksinasi COVID-19.

“Tim FKIK Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel bekerjasama sebagai tenaga vaksinator untuk beberapa Kabupaten,” jelasnya.

Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di FKIK, kata Prof Ambo Asse, Unismuh akan segera membangun Gedung 12 lantai, di samping Rumah Sakit Unismuh, Jl Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa.

Nakhoda Unismuh ini menegaskan bahwa kolaborasi juga bisa dilakukan dengan Muhammadiyah di tingkat Kabupaten.

Dekan FKIK Unismuh Makassar Prof Suryani As’ad menyatakan bahwa kerjasama antara Pemkab Bantaeng dengan Unismuh mencakup bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

“Niat baik berkolaborasi ini diwujudkan dalam bentuk MoU. Semoga bisa menambah hormon endorphin, hormon kebahagaian bagi kita semua,” ucap dokter spesiali gizi ini.

Acara ini dihadiri beberapa pejabat Pemkab Bantaeng, termasuk salah satu Anggota DPRD Bantaeng yang juga alumni FISIP Unismuh Makassar Misbahuddin Basri.

Sementara dari pihak Unismuh, turut hadir Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda dan para Wakil Dekan dan Ketua Prodi dalam lingkup FKIK Unismuh Makassar.(Ulla)

Editor : Janur

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News