Tegas News
Pendidikan

Dosen Pertanian UMI Makassar Gelar PKM Pemanfaatan Limbah Organik Rumput Laut di Barombong Makassar

TEGASNEWS.ID – MAKASAAR. Dosen Fakultas Pertanian UMI Makassar, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pemanfaatan limbah organik rumput laut dan penyuluhan budidaya rumput laut di Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar, pada 14 Oktober 2021.

Program ini bertujuan memberi dan meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat daerah dalam mengelola limbah rumput laut dimana limbah padat dari buangan hasil pengolahan rumput laut cukup besar jumlahnya.

Demikian ditegaskan Ketua Tim PKM Pemanfaatan Limbah Organik Rumput Laut dan Penyuluhan Budiddya Rumput Laut UMI Makassar, Dr.Aminah, S.P., M.P, didampingi anggota tim. Dr. Ir. Sitti Rahbiah.MS kepada media, Selasa 4 Januari 2022.

Dijelaskan permasalahan dihadapi masyarakat sekitar wilayah tersebut adalah melimpahnya limbah hasil buangan rumput laut ditumpuk di tempat pembuangan dan menunggu pemulung untuk mengambilnya atau dibuang ke tempat pembuangan akhir jika tumpukan sudah meninggi serta limbah dari usaha UMKM masyarakat setempat yang mengelola rumput laut.

Melalui program ini diharap dapat menggerakkan masyarakat dalam mengolah sampah rumah dari kegiatan UMKM rumput laut menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan masyarakat setempat untuk tanaman pangan, sayuran dan bunga-bungaan, juga bagi mitra dapat dijual dan memperoleh keuntungan lebih secara ekonomi, kata Aminah.

Limbah organik dari kegiatan produksi mitra cukup banyak, selain itu, limbah rumah tangga dari sekitar mitra juga cukup banyak mengingat lokasi mitra berada di daerah padat penduduk.

Pemberdayaan kelompok mitra dilakukan guna meningkatkan perekonomian mitra beserta warga masyarakat sekitar, melalui pengembangan usaha produksi pupuk organik untuk tanaman yang dapat dijual kembali atau digunakan sendiri untuk tanaman sayuran, tanaman hias dan lain-lain, ungkapnya.

Selain itu juga, pemberdayaan mitra sebagai percontohan guna dapat merangsang masyarakat untuk berwirausaha. Terciptanya komunitas yang berdaya yang akan dapat menanggulangi kemiskinan.

Target kegiata ini diharapkan masyarakat di wilayah mitra akan menambah pengetahuannya dalam mengolah sampah limbah hasil pengolahan rumput laut serta kemampuan masyarakat membuat sendiri pupuk organik baik pupuk organik cair maupun yang padat, tandasnya.

Masyarakat di Kelurahan Barombong Makassar ini sangat antusias terhadap program ini dan akan melanjutkan sebagai suatu usaha sampingan menghasilkan pupuk organik dari limbah rumput laut mereka sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan dalam memproduksi pupuk organic sebagai pupuk yang ramah lingkungan, katanya. (yahya)

EDITOR : JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News