Tegas News
Pendidikan

*H. M. Nafsar, S. Pd., M.Pd: Lulusan SMAN 9 Gowa Selalu Ada Lanjut Kuliah di Unismuh Makassar*

Citizen Reporter

Laporan : Muh Farabi S
Alumni SMAN 9 Gowa dan Mahasiswa Fisip Unismuh Makassar

TEGASNEWS.ID – GOWA. SMAN 9 Gowa,sekolah ini berdiri sejak 2005 tanpa gedung, awalnya nebeng pembelajaran di SMAN 1 Sungguminasa lalu awal 2006 barulah menempati gedung sendiri dan bernama SMAN 1 Pallangga kemudian hari ini berubah nama jadi SMAN 9 Gowa.

Data yang ada di sekolah dalam 3 tahun terakhir lulusan SMAN 9 selalu ada yang memilih melanjutkan kuliah di Unismuh Makassar.

Demikian ditegaskan Wakil Kepala Wakil Kepala Sekolah SMAN 9 Gowa H. M. Nafsar, S. Pd., M. Pd, kepada media di ruang kerjanya awal Juli 2024.

Dijelaskan, tahun ajaran 2024 berjumlah 314 siswa/siswi yang lulus ujian, 219 siswa/siswi jurusan IPA dengan total tampung 7 kelas dan 95 siswa/ di jurusan IPS dengan total tampung 3 kelas.

Tahun 2024 SMAN 9 menjadi sekolah terbanyak lulus di PTN di Kabupaten Gowa dengan total 57 orang siswa/siswi lanjut di Unhas, UNM, dan UIN Alauddin.

Tahun ajaran 2024 rencana sekolah akan menerima 10 rombel, 1 rombel ada 36 enam siswa dan total 360 siswa akan di terima.

Sekolah menggunakan model belajar kurikulum merdeka yang dimana kelas 10 itu belum memilih jurusan, nanti naik kelas 11 baru di berikan opsi pemilihan jurusan.

Data yang ada rata rata lulusan lebih banyak lanjut di perguruan tinggi sekalipun ada beberapa lulusan tidak lulus di kampus negeri, lanjut di kampus swasta dengan 78 persen pilih lanjut kuliah selebihnya memilih untuk langsung bekerja.

Tahun 2024 ini ada 1108 siswa/siswi
di SMAN 9 Gowa, dengan 64 Guru tenaga pendidik, berlatar belakang pendidikan S1 dan ada 9 guru pendidikan S2, kemudian tenaga honorer ada 8, ada 7 dengan latar belakang S1 dan 1 tamatan SMA yaitu security.

Guru yang sudah mendapat sertifikasi berjumlah 42 orang dengan status ASN dan P3K. Guru di sekolah ini alumni Unismuh sebanyak 18 orang diantaranya ada tenaga guru lulusan PAI 2 orang, PKN 1 orang, Bahasa Indonesia 4 orang, Bahasa Inggris 2 orang, Matematika 3 orang, Ekonomi 4 orang, dan Seni Budaya 2 orang.

Prestasi di dapatkan sekolah dalam 2 tahun terakhir siswa berprestasi di bidang olahraga diantaranya futsal di kejurda, karate di kejurnas, pencak silat di kejurda, dan dayung di kejurda kemudian di bidang akademik ada OSN geografi sampai di provinsi.

Adapun kebijakan di lakukan untuk peningkatan kualitas sumber daya para guru guru di sekolah ini ada 12 guru penggerak dengan melakukan pelatihan seperti model pembelajaran berhubungan dengan PMB yang dilakukan rutin 2 kali sebulan.

H. M. Nafsar lahir di Bontonompo, 15 November 1974. lulus SMA 1992 di SMA 1 Bontonompo, dan di IKIP ujung pandang lulus S1 1996 dan melanjutkan lagi S2 di UNM lulus di t
2006.

Saat ini yang jadi Kepala SMAN 9 Gowa, Tajuddin,.S.Pd.,M.Si sebelumnya menjadi kepala sekolah di SMAN 19 Gowa.***

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News