Tegas News
Pendidikan

Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Gelar Webinar Hari Kanker Sedunia

TEGASNEWS.ID – Makassar. Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Timur bekerja sama dengan Makkasar Cencer Care Communty ( MC3 ), melaksanakan webinar kesehatan dalam rangka memperingati hari Kanker Sedunia yang berlangsung pada hari Jumat tanggal 11 Februari 2022. Mengingat belum diperbolehkannya melaksanakan kegiatan secara offline, webinar kali ini dilaksanakan secara online melalui ZOOM MEETING. Dengan tema “Close The Care Gap”. Berdasarkan tema ini, topik bahasan webinar adalah menutup kesenjangan perawatan.

Webinar memperingati hari kanker sedunia tahun 2022 memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kanker sehingga masyarakat dapat menerapkan hidup sehat, mendorong pencegahan, deteksi, sampai dengan proses pengobatan kanker. Selain meningkatkan kesadaran, peringatan Hari Kanker Sedunia juga tentang bekerja sama untuk mencegah kematian akibat kanker dan menyediakan semua kemungkinan pengobatan untuk pasien. Setiap tahun, kanker membunuh hampir 10 juta orang. Hampir 70 persen dari kematian tersebut berusia di atas 65 tahun ke atas.

Ketua panitia Webinar World Cancer Day (Siti Rahma Azzahra) melaporkan webinar ini di ikuti oleh 85 orang peserta yang merupakan Dosen, Mahasiswa dan umum . adapun sambutan-sambutannya ialah berupa ucapan selamat datang dan selamat bergabung dalam webinar kesehatan ini.

Dalam sambutannya Kaprodi S1 Kesmas FKM UIT ibu Rosdiana S,KM., M. Kes memberikan selamat kepada seluruh mahasiswa kesmas dan semangat juga untuk tetap melaksanakan kegiatan meski hanya melalui zoom meeting dan bisa mengundang narasumber yang luar biasa.

Begitu juga Dekan FKM UIT ibu Marthyni S.KM., M, Kes mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada narasumber yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir dan bekerjasama sama dengan fakultas kesehatan masyarakat UIT. Beliau berharap kerjasama ini dapat berlanjut agar dapat memberikan edukasi yang lebih luas kepada masyarakat terkait kanker.

Webinar ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Indonesia Timur Dr. Abdul Rahman. S.Pt. SE, MM yang juga memberikan sambutan-sambutan sekaligus membuka acara webinar kesehatan ini. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi atas terselenggaranya webinar kesehatan ini sehingga acara bisa berjalan dengan baik.

Webinar ini dipimpin langsung oleh dosen prodi S1 Kesmas FKM UIT ibu Rosdiana S.KM,. M.Kes selaku moderator dengan dua narasumber yakni Ketua Makkasar Cancer Care Community ( Dr. Nurlina Subair, M.SI ) yang membawa materi ” Upaya Mengurangi Kesenjangan Dalam Perawatan Kanker ” , dan Dosen Prodi S1 Kesmas FKM UIT ( Hermawati Hamalding S.KM, M.Kes ) yang membawakan materi ” Kanker Dalam Perspektif Epidemiologi ).

Di akhir acara Dekan FKM UIT menyerahkan sertifikat secara virtual kepada narasumber, Moderator, dan perwakilan peserta dengan mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diluangkan.

Ketua Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Nurul Aulia berterima kasih kepada Makassar Cancer Care Community yang bersedia menjadi mitra kegiatan webinar ini dan juga kedua narasumber yang telah bersedia berbagi ilmu bersama kita dalam room zoom ini.

Adapun Andi Putri Ramadhani ( Sekertaris Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT ), selaku host webinar menutup seluruh rangkaian acara dengan foto bersama dan pengucapan terima kasih kepada para hadirin.
(Humas UIT/Beddu Lahi, Marhtyni)

EDITOR : Janur

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News