Tegas News
Opini

IKA SMPN 1 Tanasitolo Wajo Usung Nilai Siompe’, Sipakkinra dan Mappabate

Opini

Oleh: Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, A.Md., S.Pd.,M.Hum.
(Ketua PP IKA SMPN 1 Tanasitolo
2021-2026)

TEGASNEWS.ID – Wajo. Ikatan Alumni SMP Negeri 1 Tanasitolo (selanjutnya disingkat IKA) didirikan dalam upaya menghimpun segenap alumni dari SMP Negeri 1Tanasitolo. Sekolah tingkat menengah pertama didirikan Juli 1965 di Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, sekitar 240 km dari Kota Makassar.

Sejak meluluskan angkatan pertama di tahun 1968, paling tidak sekolah ini telah menamatkan sekitar 7500 siswa dalam 53 angkatan.

Tercatat salah seorang alumni dari angkatan pertama jadi salah seorang pejabat negara di Mahkamah Agung adalah, Dr. H.A. Samsan Nganro, SH, MH, saat ini dia Wakil Ketua Bidang Yudisial MA Republik Indonesia. Alumni lainnya tersebar di seantero nusantara bahkan di luar negeri dengan profesi sosial kemasyarakatan beragam.

Cita-cita mulianya IKA SMPN I Tanasitolp ini, berbagai potensi yang dimiliki alumni dapat memberikan kontribusi positif tidak hanya dalam rangka tolong menolong sesama alumni, namun lebih dari itu diharapkan mampu memberikan bantuan nyata bagi perbaikan dan kemajuan almamater tercinta SMPN 1 Tanasitolo yang pada gilirannya dapat mewujud pada kemajuan kehidupan kebangsaan sebagaimana cita-cita mulia pendiri negara.

Semangat diusung oleh IKA dan menjadi value organisasi adalah siompe’ (bersatu padu saling menopang), sipakkinra (saling menyemangati, saling mendukung) dan mappabate (berbuat, bertindak atau berkarya yang baik, indah dan benar).

Direncanakan Ahad 30 Januari 2022 ini dan bertempat di Gedung Pola Kantor Bupati Wajo, Pengurus Pusat yang terbentuk sebagai hasil MUBES 15 Mei 2021 lalu, akan dilantik di Sengkang oleh Bapak Bupati Wajo, Dr.H. Amran Mahmud, M.Si

Pelantikan akan dihadiri jajaran pengurus, Bupati Wajo dan jajaran Pemda, Guru-guru SMP Tanasitolo baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif bersama Ibu Kepala Sekolah beserta tenaga kependidikan, dan pihak lainnya.

Ada rentang waktu antara selesainya MUBES dengan seremoni pelantikan dikarenakan kondisi pandemi covid19. Namun dalam rentang tersebut, kepengurusan IKA tetap aktif dan melaksanakan beberapa kegiatan antara lain kegiatan Alumni Berqurban, Halal bihalal virtual, pengumpulan donasi buku dari alumni untuk sekolah, dan lainnya.

Dalam rangkaian acara ini, adik-adik dari Siswa-siswi SMP Negeri1 Tanasitolo akan tampil menyanyikan lagu Mars IKA yang menjadi momentum peluncuran secara resmi Mars tersebut yang dibuat oleh salah seorang alumni yang saat ini menjadi dosen seni musik di UNM.

Agenda penting lainnya pada hari tersebut adalah pelaksanaan Rapat Kerja untuk menyusun program kegiatan IKA dalam periode 2021-2025.

Selain berlandaskan pada value organisasi, ada 3 titik fokus dalam perumusan kegiatan IKA ini yaitu : 1. Senantiasa mempererat semangat kekeluargaan dan persaudaraan di antara sesama alumni. 2. Menghimpun potensi alumni dalam upaya berbagi dan saling membantu dengan sesama alumni dan untuk almamater. 3. Berpartisipasi aktif membantu kemajuan almamater SMP Negeri 1 Tanasitolo dalam mencapai visi dan misinya.

Pada kesempatan pelantikan ini akan diserahkan donasi buku dari alumni ke pihak sekolah sebagai bagian sumbangsih alumni pada gerakan literasi dan pemberian buku bacaan yang bermutu bagi adik-adik siswa-siswi SMP Negeri 1 Tanasitolo.

Selain itu akan diluncurkan pula gerakan penggalangan donasi dari alumni untuk perbaikan fasilitas olahraga SMP Negeri 1 Tanasitolo. Dari lapangan olahraga SMP Negeri 1 Tanasitolo ini pernah lahir bibit-bibit unggul atlet bola voli yang menjadi tulang punggung tim voli Kabupaten Wajo berbicara di level propinsi.

Bahkan yang lebih membanggakan lagi adalah lahirnya atlet sepak takraw putra dan putri level internasional, memperkuat kontingan Indonesia di kancah Sea Games dan Asian Games.

Kejayaan ini yang semoga dapat kembali lagi diperlihatkan oleh siswasiswi SMP Negeri 1 Tanasitolo melalui tersedianya fasilitas olahraga yang baik yang dapat dihadirkan nantinya oleh kebersamaan Alumni.

Sumbangsih IKA tidak hanya pada tingkatan alumni dan almamater saja, namun ingin berkontribusi pula-sebagai bagian dari pendekatan pentahelix-dalam pengembangan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat Wajo.

Oleh karenanya pada kesempatan ini akan dilakukan pula penandatanganan kesepakatan (MoU) dengan beberapa pihak, antara lain dengan Kampus Universitas Muhammadyah Makassar (UNISMUH), pengurus OSIS SMA/SMK di Wajo, dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bersesuaian dengan kebutuhan almamater dan masyarakat pada umumnya.

Semoga segala ikhtiar IKA akan memberikan manfaat nyata baik kepada alumni maupun kepada peningkatan kualitas almamater SMP Negeri 1 Tanasitolo serta masyarakat Wajo melalui kolaborasi dan sinergi segenap potensi alumni dan lembaga atau kelompok masyarakat lainnya.

Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMP Negeri 1 Tanasitolo Periode 2021-2026 Dr. H. Andi Sukri Syamsuri, A.Md., S.Pd.,M.Hum. (Ketua Umum) Hj. Hasnah Rajman, S.Pd. M.M (Ketua Harian) Ir. Rudy Hartono, S.T. (Sekretaris Jenderal) Akimah Aliyas, S.T. (Bendahara Umum)

EDITOR : YAHYA/JANUR

Berita Terkait

PTS Sulsel Menitip Asa Pada Pengurus Baru APTISI Wilayah IX-A

Tegas News

Menonton Balapan Motor di Pantai Salukaili Pasangkayu di Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Tegas News

Inilah Makanan Khas dan Wajib Ada di Hari Raya Idul Fitri Bagi Orang Bugis

Tegas News

Berfikir Tingkat Tinggi di Era 4.0

Tegas News