Tegas News
Pendidikan

Kepala UPBJJ – UT Makassar Drs Hasanuddin, M.Si Perkenalkan Sistem Pendidikan Tinggi UT kepada Mahasiswa Baru

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR,- Masa Orientasi Studi Mahasiswa Baru ( OSMB ) Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka ( UPBJJ – UT ) Makassar sudah memasuki hari kedua, di kampus UT Makassar, Minggu, 18 September 2022.

Pelaksanaan Orientasi Studi Mahasiswa Baru UPBJJ – UT Makassar dilaksanakan selama lima hari, sehingga masih berlanjut pada hari Senin, Selasa dan berakhir Rabu 21 September 2022.

Karena kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring maka tidak bisa dilaksanakan dalam satu hari dengan jumlah mahasiswa baru 1.625.

Seperti informasi yang diperoleh di Kampus UT, Minggu 18 September 2022, bahwa mahasiswa yang mengikuti OSMB via zoom terbatas 300 orang per hari dan lainnya mengikuti melalui YouTube.

Adapun yang ikut secara luring di kampus UT Makassar adalah mahasiswa baru yang diundang khusus. Mereka yang diundang khusus hadir adalah mahasiswa baru Prodi Sastra Inggris penerima beasiswa.

Peserta OSMB baik yang mengikuti secara daring maupun luring setiap hari berganti hingga semua mahasiswa baru yang jumlahnya 1.625 orang dapat mengikutinya kegiatan OSMB.

Seperti hari pertama, sebelum penyampaian materi diawali lagu Indonesia Raya, Hymne UT dan pembacaan doa. Lalu Rektor UT Prof Ojat Darojat menyapa kepada mahasiswa baru melalui video lalu dibuka oleh Direktur UPBJJ- UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si, kemudian penyampaian materi.

Rektor UT Prof Ojat Darojat dalam video menyampaikan selama datang kepada mahasiswa baru karena telah bergabung dengan UT sekaligus sudah menjadi bagian dari keluarga besar UT.

Prof Ojat berpesan kepada mahasiswa baru tetap menjaga komitmen untuk belajar dengan lebih kerja keras agar bisa menjadi orang hebat, yakni hebat dalam studi dan karier.

Sementara Direktur UPBJJ- UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si saat membuka juga menyambut selamat datang kepada mahasiswa baru UT.

“Mahasiswa baru yang sudah memilih UT sebagai tempat belajar sudah tepat. Karena UT adalah satu-satunya PTN telah diberi amanah oleh pemerintah untuk mengembangkan pendidikan untuk semua,” ujar Hasanuddin.

Sekarang ini sebut Hasanuddin sebanyak 1.625 mahasiswa baru UT yang ada diseluruh kabupaten dan kota di Sulsel telah mengikuti OSMN secara bergiliran. Sebagaian besar mengikuti secara daring dan hanya terbatas mahasiswa yang diundang untuk mengikuti OSMB secara luring.

Dikatakan Anda ( maksudnya mahasiswa baru ) yang mengikuti OSMB sudah resmi bergabung di UT patut berbangga karena sudah merupaka bagian dari keluarga UT yang saat sudah memiliki jumlah mahasiswa 400 ribuan lebih.

” Universitas Terbuka tidak hanya diakui secara nasional tetapi di dunia. Mahasiswa UT selain tersebar di seluruh daerah diIndonesia tetapi mahasiswa UT telah tersebar di 55 negara di dunia,”ujar Hasanuddin.

Dikatakan Hasanuddin ketika Covid-19 melanda Indonesia dan bahkan dunia, hampir seluruh perguruan tinggi mengembangkan pendidikan jarak jauh, namun UT jauh sebelum kasus Covid-19 telah melaksanakan pendidikan terbuka dan jarak jauh sehingga UT tidak diragukan lagi untuk PJJ dan akan terus melakukan inovasi-inovasi dalam E-learning.

Berbicara E-learning bagi UT bukan hal baru tetapi sejak berdirinya tahun 1984 sudah melakukan proses belajar yang menggunakan teknologi internet sehingga dalam proses PJJ UT tidak diragukan lagi, kata Hasanuddin.

Terkait dengan nama perguruan tinggi, sebut Hasanuddin tidak sama dengan perguruan tinggi lainnya yang biasanya menggunakan nama pahlawan, namun UT hanya menggunakan nama Terbuka saja, nama ini, katanya telah seiring dengan konsep pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Materi hari kedua ini terbilang padat. Ada tujuh materi yang disampaikan kepada mahasiswa baru.

Pertama materi yang disampaikan Direktur UPBJJ UT Makassar, Drs Hasanuddin, tentang Sistem Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh UT.

Materi kedua, tentang Empat Pilar Kebangsaan oleh Drs H Syamsuddin Patang, M.Pd, M.H. Materi ketiga, Panduan Belajar di UT dan Menjadi Mahasiswa yang Sukses.***

 

Berita Terkait

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News

Workshop Pendampingan Resmi Ditutup, 13 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Siap Terapkan Kurikulum Berbasis OBE

Tegas News

Wisuda UT Makassar, Rektor Prof. Ojat Darojat Teken MoU Dengan Lima Bupati dan Dua Walikota di Sulsel

Tegas News

Wisuda UT Makassar Dirangkaikan Seminar Menakar Peluang dan Tantangan UMKM dalam Ekosistem Digital

Tegas News