Tegas News
Pendidikan

*Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makassar Pindah Ruang Kuliah di Studio TVRI Sulsel*

Citizen Reporter

Laporan : Chechil Dwi Julianti
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar peserta mata kuliah Dasar Dasar Jurnalistik memindahkan ruang kuliah ke studi TVRI Sulawesi Selatan, Kamis pagi 13 Juni 2024 di Jl Kakatua Makassar.

Peserta mata kuliah ini terdiri dari dua kelas angkatan 2023 semester 2 dengan dosen pengampu Dr Muhammad Yahya, M.Si serta Dr Syukri, S.Sos, M.Si.

Setiba di TVRI Sulsel para mahasiswa disambut penuh keakraban oleh staf TVRI, kemudian diarahkan ke ruang teknik, lighting, suara, ccu, kontrol kamera unit di lantai 2 dan diterima oleh penanggung jawab teknik penata suara, Muh Maruf

Di ruangan ini mahasiswa mendengar penjelasan mengenai cara penggunaan alat tersebut tentang cara kerja alat alat di ruangan itu, kemudian ada sesi tanya jawab, salah seorang mahasiswa, Bayu Setiawan Supardi menanyakan cara menyiarkan berita apakah di vidio dulu atau langsung live ?.

Dijelaskan berita di bawakan secara live namun vidio yang berada di lapangan atau di lokasi sudah direkam dan di edit.

Usai dilantai dua mahasiswa arahkan ke studio 1 di lantai 1 melihat alat rekaman, lampu yang digunakan pada saat melakukan shooting video dimana tempat itu di namakan sebagai dapur TVRI ,

Di ruangan ini di sambut staf tehnik Muh Asbin Daeng Tiro dia menjelaskan bagaimana proses lighting di atur agar tampak terlihat baik, dan bagaimana cara proses membacakan berita.

Mahasiswa juga diarahkan ke tempat pemancar atau tempat di mana apabila lampu padam ada suatu genset yang langsung hidup di sana kami dilihatkan itu serta dijelaskan mengenai cara kerja tersebut

Rombongan mahasiswa diterima lagi oleh Linda selaku bagian teknik. Di ruangan teknisi lantai 1 ini dijelaskan bagaimana cara kerja round down acara dan cara-cara live berita.

Setelah itu lanjut ke ruangan redaksi, dan jaringan di sana diajarkan tentang bagaimana cara menulis berita, dan juga diajari bagaimana cara dubbing pada video di berita .

Dosen penanggung jawab mata kuliah Muhammad Yahya mengucapkan terima kasih kepada manajemen TVRI Sulsel telah menerima mahasiswa dan memberi kesempatan untuk melakukan kuliah lapangan

Kuliah lapangan ini memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada mahasiswa tentang bagaimana proses produksi siaran dan kerja jurnalis televisi bekerja di kantor redaksi.

Dosen penanggung jawab mata kuliah lainnya, Syukri menambahkan, setelah berkeliling kunjungi bagian bagian proses produksi siaran tentu memberi pengetahuan dan pemahaman bagaimana produksi siaran televisi melibatkan begitu banyak orang dengan kerja profesional pada bidang masing masing.

Mu Fadjrin, salah seorang mahasiswa peserta kuliah lapangan, mengatakan, kunjungan ke studio TVRI Makassar ini memberi saya kesempatan mengamati langsung aktivitas jurnalis, dan menjadi model mempelajari komunikasi.

Dia tambahkan betapa asyiknya melihat proses di balik proses produksi berita, baik berita non-digital maupun digital.

Kegiatan ini ditutup dengan tur melihat ruang podcast dan berfoto bersama di lantai 1, memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam memahami kerja nyata dunia jurnalistik, katanya.***

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News