Tegas News
Pendidikan

MKKS UPT SPF se-Kota Makassar Gelar Raker di Akhir Tahun

TEGASNEWS.ID – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) UPT SPF SMP Negeri se-kota Makassar menggelar rapat kerja (Raker) bertajuk Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Kepala SMP.

Raker yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu (21-22 Desember 2021) di Aoerotel Smile Jalan Muchtar Lutfi no. 30 Makassar.

Ketua MKKS UPT SPF SMP Negeri se kota Makassar, Hj. Hijriah Enang, S.Pd. M.Pd, mengatakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di segala bidang kehidupan masyarakat, turut membawa perubahan paradigma dalam bidang pendidikan.

“Perubahan paradigma pendidikan di era sekarang mengharuskan adanya perubahan fungsi dan peran Kepala Sekolah,” kata Hijriah kepada TegasNews.id, Selasa (21/12/2021).

lanjut Hijriah mengatakan, era ini tidak lagi hanya melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik, tetapi juga telah bergerak kearah desentralistik dan manajemen partisipatif.

 

“Kepala Sekolah tidak lagi bekerja secara individual yang cerdas tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas,” tutur Hijriah yang tahun lalu terpilih sebagai Ketua MKKS UPT SPF SMP Negeri se kota Makassar periode 2020-2022.

Hijriah Enang, S.Pd. M.Pd yang juga Kepala UPT SPF SMP Negeri 30 Kota Makassar ini, pergeseran fungsi dan peran Kepala Sekolah dalam mengelola sekolah, tak pelak mengharuskan adanya tuntutan Kepala Sekolah yang aktif, kreatif, dan inovatif.

“Kepala Sekolah dituntut harus proaktif dan mampu melakukan perubahan-perubahan di sekolah yang mampu meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Tuntutan ini merupakan implikasi dari penerapan konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS),” ujarnya menambahkan.

Untuk meningkatkan mutu Pendidikan di Kota Makassar, imbuh Hijriah, MKKS UPT SPF SMP Negeri menggelar Raker selama dua hari, mulai tanggal 21 sampai 22 Desember 2021 yang di laksanakan di Aerotel Smile jalan Muchtar Lutfi no. 30 Makassar.

“Kegiatan Raker MKKS ini dibuka resmi oleh Ibu Nelma Palamba, SH. M. Adm Pemb sebagai PLT Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Raker ini di ikuti oleh 55 Orang Kepala UPT SPF SMP Negeri se kota Makassar,” imbuhnya.

PLT Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nelma Palamba sewaktu membuka resmi kegiatan Raker, menyampaikan program kerja MKKS tersebut hendaknya menjadi acuan untuk sekolah-sekolah Negeri.

“Menjadi arah kemajuan Pendidikan di Kota Makassar,” ujarnya.

Terakhir disebutkan Hijriah, pembuatan program kerja tersebut adalah kelanjutan dari terpilihnya kepengurusan MKKS periode 2020 -2022. Program tersebut dibuat oleh masing-masing bidang dan diplenokan.

“Hasil dari program kerja tersebut akan dilaporkan kepada Pemerintah Kota  Makassar dengan harapan menjadi salah satu solusi bagi peningkatan mutu Pendidikan di Kota Makassar,” tutupnya.(Janur)

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News