Tegas News
AGAMA

PDM Kota Makassar Canangkan Gerakan Serentak Membangkitkan 120 Ranting Muhammadiyah

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Setelah wabah Covid-19 mulai melandai maka Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Makassar segera mencanangkan Gerakan Serentak Membangkitkan 120 Ranting Muhammadiyah yang ada di Wilayah Kota Metropolitan Makassar.

Gerakan ini dicanangkan oleh Ketua PDM Makassar, Drs.KH.Nurdin Massi, M.Pd pada acara Pengajian Akbar PDM Kota Makassar dalam rangkaian acara Pekan Milad ke-109 Muhammadiyah Daerah Makassar, Rabu sore 1 Desember 2021 di Masjid Baiturrahman Panaikang Makassar.

Dijelaskan, gerakan ini dilakukan guna lebih mengaktifkan dinamika dan pergerakan Muhammadiyah setelah wabah Covid-19 pada dua tahun terakhir ini di Makassar.

Pengajian akbar ini pertama dilakukan sejak masa Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Tampil membawakan ceramah, KH. Sudirman, S.Ag.

Gerakan membangkitkan dimulai dengan pengajian dan Pekan Milad 109 serta lounching infak Rp.10 ribu bagi siswa Muhammadiyah dan warga persyarikatan Muhammadiyah yang lain, kata anggota BPH Unismuh Makassar ini.

Nurdin Massi mengajak dan menyerukan kepada semua kader untuk menengok ranting ranting yang ada di Kota Makassar untuk lebih di aktifkan dengan berbagai jenis kegiatan dakwah dan kegiatan kemasyarakatan.

Masjid masjid menunggu sentuhan pengelolaan yang lebih baik dan menyentuh ummat. Masjid bukan hanya saat berjamaah salat tetapi dijadikan sebagai pusat pelayanaan ummat.

Amal Usaha Muhammadiyah yang dikelola di Kota Makassar sekolah TK sebanyak 50 dan jenjang pendidikan SD, sampai dengan SMK sekitar 69, selama masa Covid-19, kualitas pembelajaran menurun, sehingga dibutuhkan pemikiran dari para kader kader persyarikatan mengambil tanggung jawab untuk berdakwah.

Kondisi ini merupakan tantangan berat dan harus dicarikan solusi dengan menjalin kerjasama yang dapat menguatkan persyarikatan.

Pencanangan menggerakkan ranting dimulai dengan Gerakan Infak Rp 10 ribu dengan harapan akan mampu melakukan pengadaan mobil ambulan.

Selain itu dengan Pekan Milad Muhammadiyah di 19 cabang cabang akan semakin bergairah dan bersemangat membangkitkan pergerakan persyarikatan.

Salah seorang panitia Pekan Milad Muhammadiyah ke-19 Kota Makassar Dahlan Sulaiman, S.Ag, M.Pd.I, menambahkan, mata lomba dalam pekan milad yakni; tartil, tilawah, hifzil, kultum, rekayasa elektro, kaligrafi dan paduan suara.

Tujuh cabang yang diperlombakan di tingkat cabang akan dimulai pada 2-4 Nopember 2021 dan selanjutnya pada tingkat PDM Kota Makassar 8 Nopember 2021.

Lomba lainnya pada 11 Nopember 2021, paduan suara Mars Muhammadiyah dan Mars IPM, Pameran Expo Cabang Muhammadiyah dan puncak acara Milad 12 Nopember 2021 di Muhammadiyah Bording School Awwalul Islam. (ulla/yahya).

Editor : Janur

Berita Terkait

Yayasan Qurra Wal Huffadz Ukhuwatul Islamiyah, Buka Pesantren di Gowa

Tegas News

TPA Masjid At Taqwa Nusa Mappala Gowa Gelar Karantina Tahfiz Qur’an.

Tegas News

Toleransi Antar Umat Beragama Diwujudkan Lewat Sumbangan di Masjid Ba’iatul Jihad Tompobalang Gowa

Tegas News

Tokoh Literasi Nasional Hadiri Bedah Buku     ” Inspirasi Da’wah Faktual” Karya Da’i Parmusi

Tegas News

Sambut Ramadhan, Pesantren Lorong Raudah Indonesia Bersilaturrahmi ke Ulama dan Da’i

Tegas News

Salat Idul Fitri di Masjid SMAN 10 Makassar Hadirkan Khatib Ust. Iwan Mustari SH, MA

Tegas News