Tegas News
Pendidikan

Perkuat Program Pengembangan Bahasa Arab, IAIN Kendari Silaturrahmi ke Unismuh

MAKASSAR. Ma’had Al- Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar adalah sebuah lembaga pembelajaran Bahasa Arab dan Studi Islam ternama di Kota Makassar. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini telah banyak menerima kunjungan beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Bulan Desember 2021, Ma’had Al Birr telah menerima kunjungan dua perguruan tinggi Islam. Awal bulan lalu, menerima kunjungan dari Ma’had Al Imam Malik UMP.

Senin 13 Desember, kembali menerima tamu rombongan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa (PB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Rombongan ini dipimpin Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Bahasa (PB), Dr Ahmad Lc, M.HI serta anggota Ilfan Askul Pehala, M.Hum, Adzil Arsyi Sabana, M.E dan Nasruddin S, SH, MH.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan sekaligus untuk melihat fasilitas dan kegiatan di Ma’had Al- Birr Unismuh, rombongan diterima di ruang kerja rektor oleh Wakil Rektor I Dr Ir H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor IV, Drs H Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Direktur Ma’had Al- Birr, H. Lukman Abdul Shomad Lc dan Sekretaris Dr H Ali Bakri serta Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI), Maharida, S.Pd, M.Pd.

Kunjungan silaturrahim ke Ma’had Al-Birr Unismuh ingin belajar lebih dalam mengenai pengembangan bahasa khususnya bahasa Arab.

Diketahui Ma’had Al- Birr Unismuh yang sudah berdiri sejak tahun 1999 telah banyak melahirkan alumni-alumni handal utamanya pengetahuan bahasa Arab dan bahkan diakui alumninya sudah tersebar luas mengajar di sejumlah perguruan tinggi Islam di Indonesia termasuk beberapa alumni Ma’had Al- Birr telah mengajar di IAIN Kendari

Ketua UPT PB IAIN Kendari Dr Ahmad Lc, dalam pengantarnya mengakui kalau dia datang berkunjung ke Unismuh Makassar untuk belajar sekaligus ingin melakukan kolaborasi kedua institusi berbagai program pengembangan akademik terkhusus untuk pengembangan pendidikan bahasa Arab.

Diakui di UPT PB IAIN Kendari telah banyak banyak melakukan berbagai unit kegiatan pengbangan studi yang bisa dintegrasikan dengan lembaga pengbangan bahasa yamg ada do Unismuh.

Tetapi khusus untuk bahasa Arab, disebutkan Kepala UPT PB IAIN Kendari, Dr Ahmad yang juga alumni UIN Alauddin Makassar masih ingin lebih banyak lagi belajar pengembangan bahasa Arab di Ma’had Al- Birr Unismuh.

Wakil Rektor I, Rakhim Nanda dan Wakil Rektor IV, H. Mawardi Pewangi dalam penyambutannya keduanya menyampaikan terimakasih sekaligus selamat datang atas kunjungannya ke Unismuh Makassar.

Wakil Rektor 1 maupun Wakil Rektor IV sangat merespon kunjungan Kepala UPT PB IAIN Kendari, Dr Ahmad Lc dan rombongannya dan berharap Unismuh juga bisa berkunjung ke IAIN Kendari.

Terkait program pengembangan bahasa dan beberapa program pengembangan studi kedua wakil rektor Unismuh ini menganggap perlu untuk diintegrasikan dalam sebuah bentuk kerjasama kedua institusi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LPBKU, Maharida S.Pd, M.Pd, juga menyampaikan beberapa programnya diataranya telah melakukan pembimbingan empat bahasa, yakni Inggris, Mandarin, Korea dan Jepang. Juga telah mendapat rekomendasi untuk mengeluarkan sertifikat toefl dan akan disyaratkan sebagai syarat kelulusan untuk sidang skripsi/thesis dan juga program pengembangan kerjasama.( Ulla)

Editor : Janur

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News