Tegas News
Pendidikan

Prof A. Rahman Rahim: SALUT Ujung Tombak UT di Daerah

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Penanggungjawab Bidang Kerjasama, Humas dan Alumni UT Makassar, Prof Dr H Abd Rahman Rahim, SE MM menjadi salah satu pemateri pada kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sentra Layanan UT (SALUT) bagi pengelola SALUT di daerah se-Sulsel, di Hotel Santika Makassar, Jumat 11 Maret 2022.

Calon pengelola SALUT yang menghadiri sosialisasi berasal dari Kabupaten Gowa, Jeneponto, Maros, Bone, Wajo, Palopo, Alumni, Humas dan Alumni UT Makassar.

Dijelaskan SALUT, menjadi ujung tombak di daerah makanya Tri Dharma Perguruan Tinggi harus dihidupkan dan juga aktifitas pembinaan kemahasiswaan (hard skill, soft skill) harus aktif.

Tugas bidang humas pada lembaga pendidikan tinggi adalah membantu keinginan pimpinan dalam melaksanakan kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan/ Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Peran ini juga akan dijalani oleh para manager UT di daerah. ” Harus kita bersyukur menjadi pengelola UT, jangan menghindar jika ada medisa ataupun masyarakat lainnya mencari informasi,” tandas Prof Rahman Rahim.

Dikatakan, salah satu tupoksi bidang humas adalah membangun dan memelihara hubungan harmoni dengan media dan pers, agar terbangun berita- berita positif dan sekaligus menepis berita negatif.

Selain itu pers dan media membantu menyampaikan berbagai informasi dan perkembangan UT karena itu sebut Prof Rahman jangan pernah melukai hatinya pers, katanya.

Dikatakan terdapat kurang lebih 58 ribu alumni UT di Sulsel ini harus bisa dibangun komunikasi dengan alumni. Dan humas akan menyampaikan informasi yang baik dan benar tentang peran alumni kita fungsikan agar bisa mberikan pencitraan di masyarakat.

Prof Rahman Rahim juga menyinggung penandatangan dengan 8 bupati dan walikota di Sulsel telah memiliki payung hukum kerjasama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Pemda ini yang harus ditindaklanjuti oleh pengelola SALUT.

“Pemda memiliki aparat yang harus dibantu SDM aparaturnya dan ini tidak sedikit jumlahmya,”ungkap Prof Rahman.

Implementasi tupoksi bidang kerjasama, humas dan alumni saat sekarang ini di antaranya; telah ditandatangani kerjasama UT dengan 6 bupati dan 2 walikota, dalam bidang pelaksanaaan Tridarma PT, pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Pemda itu bersama UT meningkatkan kualitas SDM aparat maupun masyarakat lainnya melalui pendidikan tinggi (S1 dan pasca sarjana) tanpa harus meninggalkan tugas maupun pekerjaan mereka di daerah.

Kerjasama bidang humas juga telah di tandatangani antara 4 media cetak dan 2 media elektronik/radio serta 1 medsos, implementasi dari kerjasama itu berupa liputan berbagai kegiatan dan aktifitas yang tengah berlangsung di UT baik di Makassar maupun di UT jakarta.

Kerjasama lainnya yaitu menjalin kemitraan dengan masyarakat berupa pendirian SALUT di kab/kota bermaksud mendekatkan UT di tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan utamanya mahasiswa dan alumni UT.***

EDITOR : YAHYA/JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News