Tegas News
AGAMA

Prof Ambo Asse Bawakan Hikmah Syawalan di Ponpes Darul Fallaah Unismuh Bissoloro

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR- Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Ambo Asse dalam hikmah syawalan 1443 H di Pondok Pesantren ( Ponpes) Darul Fallaah Unismuh, Bissoloro, Gowa, Ahad 8 Mei 2022 menyebutkan Muhammadiyah selalu mendukung kemajuan pembangunan di Gowa.

Seperti yang disebutkan Prof Ambo Asse, bahwa Muhammadiyah mendukung kemajuan Gowa dengan cara, Muhammadiyah telah membangun rumah sakit di Gowa, kampus Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ( FKIK ) di Gowa, Pusdiklat di Gowa, Ponpes di Gowa dan sejumlah fasilitas milik persyarikatan Muhammadiyah telah berada di Gowa.

Oleh karena itu Rektor Prof Ambo Asse yang juga Ketua PWM Sulsel meminta kepada Pemda Gowa melalui Kadis Sosial dapat memberikan perhatian dalam pengembangan pembinaan tahfidz di Pondok Pesantren Muhammadiyah yang ada di Gowa.

Rektor Prof Ambo Asse juga mengatakan, kita bersyukur karena Muhammadiyah punya tekad untuk kemajuan bangsa dan negara, Muhammadiyah dalam perjuangannya selalu memikirkan kebaikan dan melarang membuat kerusakan dimuka bumi ini.

“Kemajuan yang diperjuangkan adalah kemajuan yang mengarah untuk bekal kehidupan di akhirat, namun harus diingat kita ini hidup di dunia karena itu harus bekerja dan berbuat kebaikan dimuka bumi ini,”tandas Prof Ambo Asse.

Prof Ambo dalam kesempatan ini pula mengajak kita semua untuk komitmen bersama membangun Darul Fallaah Unismuh Bissolo sebagai lembaga pendidikan yang terpandang, dan memiliki alumni yang unggul tidak hanya di Gowa tapi juga terpandang pada tingkat nasional.

Dalam kesempatan tersebut Ketua BPH Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung menyampaikan pengembangan Ponpes Darul Fallaah Unismuh kedepan.

Dikatakan 30 tahun yang akan datang boleh jadi Unismuh sudah harus pindah ke Bissoloro karena perkembagannya yang terus menerus setiap waktu.

Dan terkait dengan pengembangan pendidikan, Prof Gagaring menyebut, pengembangan pendidikan tidak cukup tanpa pengembangan lainnya, seperti di Ponpes Unismuh Bissoloro yang memiliki lahan yang cukup luas perlu dikembangkan wisata religius sekaligus akan menjadi rujukan pengembangan Ponpes Muhammadiyah di Sulsel.

Bupati Gowa yang diwakili Kadis Sosial, Drs H Firdaus Madjid menyampaikan sejumlah program prioritas Pemda Gowa, diantanya untuk bidang keagamaan, pemda Gowa juga tahun ini akan membangun rumah tahfidz yang tujuannya akan mencetak penghafal-penghafal Alquran tingkat desa dan kelurahan.

Selanjutnya Pemda Gowa juga akan membangun infrastruktur Mall Pelayanan Publik, Pemda juga akan memberikan beasiswa pendidikan bagi yang berprestasi. Bagi yang hanya memilih kuliah di Sulsel akan dibiayai oleh desa atau kelurahan dan jika ingin lanjit studi di luar Sulsel biayanya ditanggung Pemda. Serta akan mengfenjo UMKM untuk didaftarkan di e-kataloq.

Acara Syawalan ini dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti yang dilaporkan Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh, Dr Dahlan Lamabawa yakni penamatan santri sebanyak 45 orang, diantaranya 25 orang lulisan SMP dan 20 orang lulusan Aliyah.

Dikatakan sejak berdirinya Ponpes Darul Fallaah Unismuh sampai sekarang sudah memiliki jumlah alumni kurang lebih 800 orang dan kebanyak alumni lanjut S1 di Unismuh dan sudah menjadi guru.

Dahlan Lamabawa juga melaporkan kegiatan lainnya dalam rangkaian Syawalan adalah penandatanganan piagam peresmian asrama tahfidz putra, pembangunan Pos Pelayanan Kesehatan Ponpes, penandatanganan piagam tanda dimulainya pembangunan gedung balai latihan kader ( BLK) Darul Fallaah Unismuh.

Dalam kesempatan ini Ketua PDM Gowa, H. Muslimin juga dalam kesempatan menyampaikan pengajian singkat tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW. Dikatakan dengan kehadiran kita di acara Syawalan ini sebagai bentuk rasa kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan Syawalan dihadiri sejumlah pimpinan Unismuh dan anggota pengurus lembaga dan majelis PWM Sulsel. Dari Unismuh hadir Wakil Rektor 1, Dr H Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Dekan FKIK, Prof Dr dr Suryani As”ad, Dekan FKIP, Erwin Akib, Ph.D, Dekan FAI, Dr Amirah Mawardi, Dekan Teknik, Dr Hj Nurnawaty, Dekan Ekonomi, Dr Andi Jam’an, Direktur PUT, Dr KH Abbas Baco Miro, Direktur Ma’had Al- Birr, H Lukman Abdul Samad Lc, wakil dekan, Kepala Pengelola Pesmadina Unismuh, Sitti Chaerani Djaya, S.Sos, M.Pd dan sejumlah pejabat kecamatan dan desa.(Humas Unismuh).

EDITOR : JANUR

Berita Terkait

Yayasan Qurra Wal Huffadz Ukhuwatul Islamiyah, Buka Pesantren di Gowa

Tegas News

TPA Masjid At Taqwa Nusa Mappala Gowa Gelar Karantina Tahfiz Qur’an.

Tegas News

Toleransi Antar Umat Beragama Diwujudkan Lewat Sumbangan di Masjid Ba’iatul Jihad Tompobalang Gowa

Tegas News

Tokoh Literasi Nasional Hadiri Bedah Buku     ” Inspirasi Da’wah Faktual” Karya Da’i Parmusi

Tegas News

Sambut Ramadhan, Pesantren Lorong Raudah Indonesia Bersilaturrahmi ke Ulama dan Da’i

Tegas News

Salat Idul Fitri di Masjid SMAN 10 Makassar Hadirkan Khatib Ust. Iwan Mustari SH, MA

Tegas News