Tegas News
Pendidikan

R Squad Makassar Hadiri Pelantikan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Selayar

Citizen Reporter

Laporan: Takdir ilahi
R Squad Makassar_Sahabat Apoteker

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Team R Squad Makassar_Sahabat Apoteker turut hadir dalam kegiatan pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kepulauan Selayar masa bakti 2019-2023 di Hotel Tanjung Merayu, Sabtu (30/10)

Kegiatan ini di rangkaikan pengukuhan Apoteker Tanggap Bencana dan webinar kefarmasian dengan tema “Bersama Apoteker Kita Ciptakan Masyarakat Cerdas Dalam menggunakan Obat di tengah Pandemi Covid – 19

Turut hadir dalam rombongan R Squad Makassar, Apt. Basir, S. Farm., Apt. Ruslinah, S.Si., dan Takdir ilahi.

R Squad Makassar adalah sebuah Komunitas yang menawarkan berbagai macam aksesoris farmasi baik untuk apoteker dan TTK. Berdiri pada tanggal 26 Oktober 2019, dua tahun silam. Memiliki 19 orang anggota, 18 diantaranya adalah Apoteker yang bekerja dilayanan Rumah Sakit, Apotek, Klinik dan distributor obat dan 1 orang Sahabat Apoteker.

Sebelum masuk pandemi Covid’19, R Squad Makassar banyak mendapat undangan kegiatan dari Sejawat Farmasi, baik organisasi Apoteker maupun organisasi PAFI baik di dalam kota maupun diluar kota, termasuk menghadiri pelantikan PC. IAI Kepulauan Selayar.

Tercatat daerah yang pernah dikunjungi, diantaranya Kabupaten Sidrap, Soppeng, Sengkang, Pinrang, Takalar, Gowa Makassar dan Kepulauan Selayar.

Kegiatan Pelantikan PC. Selayar turut hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M.E.c.Dev, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan – Drs. Andi Baso, S.H, Dirut RSUD Kepulauan Selayar – dr. Hazairin  Nur, Sp.B, FICS, Ketua Pengurus Daerah ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Selatan – Prof. DR. Gemini Alam, M.Si, Apt., ketua pengurus cabang IAI Se-Sulawesi Selatan bersama rombongan, para ketua organisasi profesi kesehatan kepulauan selayar bersama segenap undangan.

Sekda Mesdiyono dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang kepada ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sul-Sel beserta jajarannya atas kehadiran dan dukungannya sehingga penyelenggaraan pelantikan pengurus cabang Ikatan Apoteker Indonesia kepulauan selayar bisa terlaksana dengan baik.

Atas nama pemerintah kabupaten kepulauan selayar Sekda Mesdiyono dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terpilihnya dan dilantiknya kepengurusan cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) kepulauan selayar, sehingga diharapkan pastisipasi yang lebih baik lagi di bidang kefarmasian untuk peningkatan pembangunan derajat kesehatan yang lebih baik di kepulauan selayar.

Lain hal dengan Prof. Gemini selaku ketua pengurus IAI Sulawesi Selatan mengatakan tentang pengetahuan ke masyarakat menuntut para apoteker untuk bisa meningkatkan kompetensinya dalam menyampaikan informasi obat yang benar, bagaimana mendapatkan obat,menggunakan obat, menyimpan dan juga membuang obat harus ada aturannya jangan sampai masyarakat membuang obat ke laut yang akan membuat ikan -ikan yang ada dilaut dapat terkontaminasi.

Drs. H. Ambo Upe, M. Kes., Apt., selalu ketua PC terpilih dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Apoteker di Kabupaten Selayar sudah semakin banyak, tentunya akan semakin baik dalam pemenuhan kebutuhan farmasi, baik sebagai tenaga farmasi yang berkontribusi baik di fasilitas kesehatan pemerintah maupun swasta.

Kepengurusan cabang apoteker Selayar pertama kali dibentuk tahun 1989 oleh Bpk. DR. Muhamamad Guntur sebagai Apoteker pertama, tetapi karena pindah tugas ke Makassar, maka tanggungjawab selanjutnya diberikan ke saya selalu Apoteker kedua.

“Saya pertama kali ke Selayar tahun 1992 dan hanya di gaji 75.000/bulan dan pada saat itu juga mulai merintis Apotek Belawa, yang sampai hari ini tetap eksis dan dikenal masyarakat Selayar.”terang Ambo Upe kepada media.

Diakhir sambutannya Ambo Upe mengucapkan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada ketua Pengurus Daerah, beserta jajarannya atas kehadiran, Pemda Selayar yang sudah memfasilitasi, begitu pula Pengurus Cabang se Sulawesi Selatan yang hadir, Panitia pelaksana yang ikut mensukseskan, termasuk kepada Sponsor mendukung acara ini.”Tutupnya. Editor : Yahya

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News