Tegas News
SOSIAL

Sabtu Bersih” Lurah Bakung ” Pimpin Kerja Bakti di Wilayah RT.01 – RW. 09

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir, warga masyarakat Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya kota makassar melaksanakan kerja bakti bersihkan lingkungan, sabtu (18/02/2022) pagi.

Kegiatan ini dilaksanakan di RW (Rukun Warga) 09 RT 01 yang ada di Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya dengan melibatkan seluruh masyarakat, tokoh masyarakat dengan dibantu oleh petugas kebersihan dan beberapa petugas fukuda.

Kerja bakti bersih-bersih lingkungan ini dipimpin langsung oleh Lurah Bakung, Kamal Tata, ST didampingi sejumlah perangkat di Kelurahan Bakung serta ketua RT. 01(Rukun Tetangga) yang ada di lingkungan RW 09 Kelurahan Bakung.

Lurah Bakung, Kamal Tata, ST saat dikonfirmasi oleh media ini mengatakan, Kegiatan sabtu bersih yang dilaksanakan saat ini fokusnya adalah melakukan pembersihan lingkungan dan saluran-saluran air yang tersumbat, terutama pasca banjir yang melanda beberapa RW.

Lebih lanjut, Lurah yang kerap disapa Kamal mengatakan, kerja bakti ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi dampak jika sewaktu-waktu terjadi banjir.

Terutama menghadapi cuaca ekstrem dengan intensitas curah hujan yang dapat mengakibatkan banjir dan Pohong Tumbang maka masyarakat harus tanggap untuk melakukan antisipasi terjadinya banjir dan Pohon tumban

beliau menambahkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir dan Pohong Tumbang adalah dengan membersihkan sampah yang tercecer di saluran air, Serta membersihkan saluran air dan memangkas pohong2 yang sudah mulai nampak rapuh serta saluran yang tersumbat sehingga dapat berfungsi dengan baik dan lingkungan menjadi sehat, ujarnya.

“Kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk merekatkan kembali tali silaturahim antar warga yang ada di Kelurahan Bakung, khusunya di RT.01 RW. 09. Jika masyarakat selalu rutin menjaga kebersihan lingkungan, in sha Allah banjir dan pohon tumbang bisa kita cegah bersama-sama,” ucapnya.

Dalam menghadapi cuaca yang ekstrem ini, beliau menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Yang paling utama pihaknya berkeinginan bisa mengembalikan kembali citra budaya gotong royong masyarakat yang saat ini sedikit demi sedikit sudah mulai tergerus. “Dari dulu, masyarakat Kelurahan Bakung ini terkenal dengan budaya gotong royongnya, namun saat ini budaya itu sudah mulai berkurang. Oleh karena itu, kami akan mencoba membangkitkan budaya tersebut, minimal dengan kerja bakti” pungkasnya.

Kegiatan kerja bakti ini ditutup dengan coffee morning dan Makan Coto bersama.(INDRA ASRI)

EDITOR : JANUR

Berita Terkait

UIT Peduli, Beri Bantuan Korban Kebakaran di Buakana.

Tegas News

TUBUH ROSMIATI SEMAKIN MEMBURUK, BAZNAS BANTU DANA

Tegas News

Tim PKM FIS-H UNM Gelar Kegiatan di Desa Letta Tanah Bone

Tegas News

TERTIBKAN FASUM, LURAH BAKUNG SINGSINGKAN LENGAN BAJU

Tegas News

Temu Keluarga Pendengar Radio ke-6 Diramaikan 5 Radio Luar Negeri dan 2 Radio Lokal

Tegas News

Syahriwijaya Lantik Pengurus DPD KKM Bone Kabupaten Luwu Utara

Tegas News