Tegas News
NASIONAL

Sandiaga Uno : Pendidikan Vokasi Strategis Dalam Membina SDM Berkualitas

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Pendidikan vokasi sangat luar biasa, karena memiliki pengaruh yang super penting dan super strategis dalam pembinaan pemberdayaan manusia pariwisata yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA, dalam sambutannya saat membuka kegiatan seminar nasional Pendidikan Vokasi yang mengusung tema ‘Pengembangan Kompetensi SDM Unggul Melalui Pendidikan Vokasi’ yang di selenggarakan Politeknik Pariwisata Makassar, secara hybrid, Rabu (30/03/2022).

Kegiatan ini diikuti, Kepala Dinas pendidikan Provinsi Sulsel, Dr. Setiawan Aswad, MDev, Plg, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel, Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi.,M.Si,M.Psi., Psikolog, Kepala LLDikti, Drs. Andi Lukman, MSi, Direktur Poltekpar Makassa, Drs. Muh. Arifin, MPd, CHE, Guru Besar Bidang Pendidikan UNM, Prof. Dr. Arif Munandar, MPd, kepala sekolah dan guru pendidikan vokasi dari beberapa wilayah di Indonesia, berserta beberapa tamu undangan lainnya.

Sandiaga Uno menyampaikan, di Indonesia terdapa enam Poltekpar dibawah Kemenparekraf, yakni Poltekpar Medan, Palembang, Bandung, Bali, Lombok, dan Makassar.

Menariknya, Poltekpar memiliki rekam jejak yang cukup baik, bahwa yang lulus Poltekpar akan langsung mendapatkan pekerjaan. Di mana, 70 persen masuk ke Dunia Usaha dan Industri (DUDI) dan 30 persen lainnya menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Disampaikan, suksesnya pengembangan SDM berfokus pada program 3C curriculum, certification, dan centre of execellence untuk meningkatkan mutu SDM sesuai dengan standar global.

“Kita sekarang dalam kondisi vuca atau volatility, uncertainity, complexity, dan ambiguity. Artinya, berada dalam situasi atau kondisi lingkungan bisnis yang tengah mengalami gejolak atau volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, serta ambiguitas. Salahsatunya akibat Pandemi, serta destruksi lainnya seperti peperangan dan sebagainya. Untuk itu kita harus pintar dan cerdas menemukan peluang kerja dan peluang usaha bisnis,” tegasnya.

Dalam dunia digital, katanya, selain menjadi tantangan, dapat pula diambil sebagai peluang, bagaimana mengambil kesempatan, bukan hanya ikut-ikutan, tapi mampu berperan penting yang siap go internasional.

“Selaku pemerintah, kami terus mendorong adaptasi, inovasi dan kolaborasi untuk pemulihan ekonomi khususnya sektor parekraf dengan peningkatan kapasitas SDM reskilling dan upskilling, revitalisasi destinasi pariwisata dan infratruktur ekonomi kreatif. Kemudian, terus membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Kita tingkatkan daya saing usaha sebagai program tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Juga kita lakukan inovasi produk dan jasa kreatif sebagai tatanan ekonomi baru pasca pandemi, demi pemulihan dan perluasan pasar,” ungkap Sandiaga.

Lebih jauh Menparekraf menyatakan, Institusi pendidikan vokasi, sangat luar biasa. Karena memiliki pengaruh yang super penting dan super strategis dalam pembinaan pemberdayaan manusia pariwisata yang berkualitas.

Dia mencontohkan, saat MotoGP Mandalika, selain pawang hujan yang sangat viral, yang kedua viral adalah SDM Pariwisata bernama Risman, yang memberikan layan luar biasa kepada pemenang Miguel Oliveira, sehingga Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangannya kepada Risman.

“Ini menunjukkan, pendidikan vokasi memastikan kesinambungan dan kecocokan antara supplay tenaga kerja sebagai penguat industri yang terus berkembang. Selain itu, kita mendorong semangat berwirausaha guna mendorong ekonom sehingga bisa memastikan Indonesia menjadi sejahtera adil dan makmur,” jelasnya.

Dikatakan pula, wirausahawan atau entrepreneur, bukanlah merupakan profesi, tapi mindset untuk selalu bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas, optimis, inovatif, kreatif dan memiliki jiwa leadership.

“Mari kita bangkit melalui pendidikan vokasi serta pelatihan, mari menciptakan peluang kerja dan lapangan usaha, dengan berfokus pada kebijakan yang tepat, agar sama-sama memberdayakan UMKM digitalisasi dalam tatanan era ekonomi baru,” harapnya. (*)

Berita Terkait

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Bawakan Kuliah Umum di Unismuh Makassar

Tegas News

UMSi Mengikuti Bimtek Tata Kelola Keuangan di UMY

Tegas News

Tinjau 3 Venue PON Papua, Kapolri Pastikan Prokes dan Pengamanan

tegasnews

Rivan A. Purwantono: Tim Pembina Samsat Terus Akselerasi Implementasi UU 22 Tahun 2009

tegasnews

Rivan A. Purwantono: Penerapan GRC Bukan Sekadar Pemenuhan Regulasi, Namun Wujud Kesadaran Insan Jasa Raharja

tegasnews

Rivan A. Purwantono: Kurang dari 7 Jam, Jasa Raharja Telah Menyerahkan Santunan Korban Kecelakaan di Batang

tegasnews