Tegas News
Pendidikan

Sitti Rahmawati, S.Pd: Saat Kuliah Bisa Dipantau Melalui Aplikasi Zoom

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Ada yang berbedaan dari sistem pembelajaran di Universitas Terbuka ( UT ) dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta lainnya di negeri ini.

Kalau di UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Pembelajaran tidak dilakukan dengan tatap muka, melainkan menggunakan media baik media cetak ( modul ) maupum non cetak ( audio/video, kumputer/internet, siaran radio dan televisi.

Sementara di perguruan tinggi lainya terbiasa dengan perkuliahan tatap muka dosen dengan mahasiswa di ruang kelas.

Dengan model sistem pembelajaran inilah maka UT banyak diminati masyarakat khususnya bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tetapi terkendalam dengan masalah pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan atau karena dengan alasan lain.

Salah seorang alumni SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar UT, Sitti Rahmawati, S.Pd ditemui saat sedang mengurus ijazahnya di Kantor Universitas Terbuka Makassar, Jl Mongisidi Baru, akhir April 2022 mengaku bersyukur bisa menyelesaikan studinya di Universtas Terbuka yang dianggapnya kampus terbaik

Sebenarnya Rahmawati sebelum kuliah SI di UT tahun 2019, sudah menjadi guru di SDN 31 Pasempe, Kecamatan Palakka, Bone. Namun karena ingin penyetaraan maka memutuskan untuk kuliah dan memilih UT dengan mengambil Jurusan PGSD.

Memilih kuliah di UT karena mendapatkan informasi kalau UT itu memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka yang karena bekerja dan karena alasan lainnya.

Dan dalam perjalanannya, Rahmawati dapat menjalankan keduanya dia sebagai guru dan juga sebagai mahasiswa UT dan sampai selesai tak pernah menghadapi masalah dalam hal proses perkuliahan.

” Selama saya kuliah di UT, tidak pernah merasa terganggu dengan kedua pekerjaannya baik sebagai guru maupun sebagai dirinya sebagai mahasiswa,”ujarnya.

Kuliah di UT sangat mudah ada modul atau bahan ajar disiapkan untuk dipelajari baik itu dilakukan secara mandiri, kelompok belajar maupun dengan kelompok tutorial.

“Saat belajar online dosennya terkadang memantaunya lewat aplikasi zoom. Jadi dosenmya hanya memantau kita belajar melalui media zoom,”ujarnya.

Sebagai alumni dia juga dalam kesempatan ini turut mempromosikan UT dengan mengajak masyarakat yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi maka solusinya di UT seperti dirinya yang sudah bekerja tapi juga bisa kuliah di UT hingga selesai.

Rahmawati juga mengatakan akan berpikir lagi untuk lanjut studi Program Pascasarjana di UT. “Saya mau lihat-lihat dulu program studi yang bisa linier dengan studi S1-nya,” tutupnya.***

EDITOR : YAHYA

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News