Tegas News
Pendidikan

*SMAN 1 Soppeng Empat Tahun Raih Predikat Sekolah Terbanyak Siswa Lulus Tanpa Tes*

Citizen Reporte

Laporan: Vera
Alumni SMAN 1 Soppeng 2023 dan Mahasiswa Fisip Unismuh Makassar

TEGASNEWS.ID – SOPPENG. Tahun 2024 SMAN 1 Soppeng berhasil meloloskan sebanyak 104 alumni melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri lewat jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Para alumni itu ada yang lolos diterima kuliah di UNHAS, UNM, UIN alauddin, Poltekkes, PNUP, Sekolah Kementerian Pertahanan dan beberapa perguruan tinggi negeri di Jawa.

Demikian ditegaskan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Soppeng, Drs.H.A. Alimin kepada media di sekolahnya awal Juli 2024.

Dijelaskan, siswa yang dinyatakan lulus tahun 2024 sebanyak 350 orang dari tiga jurusan IPA sebanyak 240, IPS (100) dan Bahasa (10).

Data siswa yang lulus dan melanjutkan studi kampus negeri ada sekitar 60 persen dan ada 40 persen di kampus swasta Jumlah total siswa saat ini mencapai 1098 orang.

Siswa dan siswi baru yang diterima tahun 2024 sebanyak 396 orang dari 500 orang pendaftar. Saat ini katanya tidak lagi menggunakan jurusan tetapi pada Kurikulum Merdeka hanya menggunakan kelompok mata pelajaran berhubungan dengan IPA,IPS dan Bahasa.

Kondisi tenaga pengajar sebanyak 47 guru tetap, 17 Guru P3K serta ada 2 Guru Honorer Guru honorer. Semua guru adalah berstatus PNS dan sudah bersertifikasi bahkan ada juga guru P3K.

Jenjang pendidikan semua guru sudah S1 dan ada 12 orang sudah S2 dan masih melanjutkan studi S2 Sosiologi, Geografi, Manajemen, Teknik Informatika dan kegamaan.

Pada dua tahun terakhir ini prestasi SMAN 1 Soppeng ini sangat luar biasa banyak, bahkan Wakasek Humas, Rifai sudah mempunyai sertifikat guru penggerak mengenai PMM sudah 31 sertifikat nya.

Kepala Sekolah juga tahun 2024 menerima piagam penghargaan dari Gubernur Sulsel sebagai sekolah terbanyak siswa lulus tanpa tes se-Sulsel 4 tahun berturut-turut.

Prestasi siswa sangat banyak dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional semua tercatat di OSIS dan Humas sekolah. SMAN 1 ini juga tercatat sebagai sekolah favorit di Kabupaten Soppeng.

Wakasek Kesiswaan ini mengabdi di SMAN 1 Soppeng juga sebelum jadi guru PNS sempat mengabdi di SMA 3 makassar, dan di SMA Cokro Makassar.

Kemudian dipanggil ke Soppeng mengajar di SMA PGRI dan SMP Soppeng dan terangkat Guru PNS di SMK 1 Sengkang dan mengabdi selama 16 tahun lamanya.

Dia juga pernah mengajar di As ‘adiyah Aliyah Putra dan Aliyah Putri di Sengkang, di SPK Sengkang dan SMK Muhammadiyah, dan pernah diperbantukan di SMA Siwa.
Pengabdian dilanjutkan ke SMANSA sejak 2005 dan sudah 15 tahun lamany melakukan pengabdia.

Alimin lahir di Soppeng 27 Desember 1964 dan bersiap menjalani masa pensiun. Dia adalah alumni SMANSA Soppeng 1983-1984, pada masa itu dikenal dengan SMAN 200. Menyelesaikan studi S1 di IKIP Negeri Ujung Pandang.***

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News