Tegas News
Pendidikan

STIFA Makassar Gelar Pengabdian Masyarakat di Wajo

Citizen Reporter

Laporan: Takdir ilahi
Media Partner_Sahabat Apoteker

TEGASNEWS.ID – WAJO. Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar (STIFA) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Wajo melibatkan 2 sekolah, Sabtu-Ahad 6-7 Nopember 2021.

Pengabdian masyarakat kali ini, STIFA Makassar menggandeng Pengurus Daerah ikatan Apoteker Indonesia Sulawesi Selatan (PD. IAI Sul-Sel) dan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kab. Wajo.

Kegiatan ini dipimpin Ketua Yayasan Al Marisah Madani-Drs. H. Sahibuddin A. Gani., Apt., Pembina Yayasan-Dra. Hj.Aisyah Fatmawati, M.Si.,Apt., Ketua Senat Institusi-Drs.Burhanuddin Taebe, M.Si.,Apt., Ketua STIFA -Dr. Nursamsiar, M.Si., Ketua LPPM-Dr. Nurkhairi, M.Si.,Apt., Ketua Prodi Sarjana Farmasi- Khairuddin, M.Si.,Apt., Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan sistem informasi-Rahmad Aksa, M.Si.,Apt., beserta team pengabdian lain.

Turut hadir Ketua PD. IAI Sul-Sel Prof. DR. Gemini Alam, M. Si., Apt., beserta jajaran, Ketua PC. IAI Kab. Wajo Apt.Rahma Mustarin, S.Farm, M.PH. dan Pengurus lain.

Drs. Burhanuddin Taebe, M.Si., Apt.,dalam sambutanya mewakili Yayasan Al Marisah Madani mengatakan salah satu indikator pemilihan Wajo sebagai lokasi pengabdian karena Wajo merupakan perwakilan STIFA dan sebagian besar doen, ketua yayasan asli orang Wajo. Ketua Senat STIFA ini menutup sambutannya dengan menyerahkan bantuan berupa dana pembangunan dan kursi sebanyak 200 unit ke pihak sekolah.

 

Kegiatan dihari pertama (6/11) dilaksanakan di SMA Negeri 3 Wajo, berlangsung meriah, siswa-siswi mengikutinya dengan penuh antusias termasuk guru-guru.

Adapun materi dalam kegiatan pengabdian ini, Apoteker menginspirasi, pelatihan dagus ibu, pelatihan menulis, serta pelatihan management kebencanaan. Selain itu juga dirangkaikan sosialisasi kampus STIFA Makassar.

Dihari kedua, bersilaturahmi ke Rujab Bupati Wajo, Bapak Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. Pada kesempatan itu, Prof. Gemini menyampaikan komitmen untuk terus mendukung dan mendorong sejawat apoteker di setiap daerah, terutama pengurus cabang IAI untuk berktontribusi nyata membangun sektor kesehatan serta bersinergi dengan program pemerintah daerah.

Salah satu materi yang cukup diminati peserta pengabdian adalah Pelatihan Management Bencana (mitigasi bencana), bagaimana kesiapsiapaan sejawat apoteker di setiap daerah yang tergabung dalam tim Apoteker Tanggap Bencana (ATB)” urai Gemini Alam.

Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu SMA 3 Wajo dan Madrasah Aliyah Negeri Putri Asadiyah Sengkang dengan melibatkan 300 Siswa(i).

Bupati Wajo dalam kesempatan sama juga menyampaikan apresiasinya, termasuk membuka pintu selebar-lebarnya untuk mengadakan MoU guna sinergi bersama dalam berbagai hal, terutama pengembangan bidang riset, dan industrialisasi hasil riset tersebut.”Tutupnya.

Ketua STIFA, Dr. Nursamsiar, M.Si. yang dihubungi media melalui sambungan telepon mengatakan, salah satu tujuan kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu mengedukasi, terutama siswa(i) tentang kefarmasian, memperkenalkan STIFA Makassar dan Profesi Apoteker.

Terakhir Ketua STIFA berharap kampus sebagai institusi pendidikan harus mampu memberikan manfaat ke masyarakat khususnya di Kab. Wajo terutama di bidang ke farmasian dengan tetap berharap kerjasama dengan IAI dan Pemda Wajo.

Editor : Yahya

Berita Terkait

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News

Workshop Pendampingan Resmi Ditutup, 13 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Siap Terapkan Kurikulum Berbasis OBE

Tegas News

Wisuda UT Makassar, Rektor Prof. Ojat Darojat Teken MoU Dengan Lima Bupati dan Dua Walikota di Sulsel

Tegas News

Wisuda UT Makassar Dirangkaikan Seminar Menakar Peluang dan Tantangan UMKM dalam Ekosistem Digital

Tegas News