Tegas News
Uncategorized

Gapekhi Sulsel Gelar Halal Bihalal, selain Silaturahmi Bahas 3 Hal Ini?

TEGASNEWS.ID MAKASSAR. -Gabungan pengusaha Karang Hias dan Ikan (Gapekhi) Sulawesi Selatan menggelar Halal Bihalal di Kafe Mama, Jl Serui, Makassar, Sabtu (28/5/2022).

Acara Halal Bihalal dalam Rangka silaturahmi Idulfitri 1443 Hijriah ini dihadiri 20-an orang anggota Gapekhi Sulsel.

Ketua Gapekhi Sulsel Dr H Mauli Kasmi SPi MSi mengatakan, kegiatan halal bihalal ini sebagai bentuk silaturahmi dan koordinasi sesama anggota.

“Sejak akhir Ramadhan tidak pernah bertemu dan sekarang masih bulan Syawal, jadi kita rapat koordinasi sekaligus melakukan halal bihalal,” kata Mauli Kasmi kepada media.

Mauli yang juga dosen Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ini menjelaskan, kegiatan Halal bihalal dirangkaikan dengan rapat koordinasi membahas realisasi pengiriman sesuai kuota alam tahun 2022.

“Memanfaatkan momen bulan Syawal, kami berhalal bihalal. Lalu dilanjutkan dengan rapat membahas realisasi anggota Gapekhi dalam pemenuhan kuota pengiriman,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pengawas Gapekhi Sulkifli SPi MSi menambahkan dalam momen halal bihalal juga dibahas terkait langkah persiapan Gapekhi Sulsel dalam rangka transplantasi budidaya karang hias.

“Pada kesempatan ini, setiap anggota Gapekhi Sulsel yang hadir membahas terkait progres persiapan program budidaya karang hias melalui transplantasi,” kata Sulkifli.

Tidak hanya itu, agenda lain yang dibahas dalam halal bihalal adalah persiapan anggota Gapekhi Sulsel yang akan mengikuti pelatihan cara-cara karantina ikan dan karang hias yang baik dan benar.

“Kita tadi juga bahas bersama anggota Gapekhi Sulsel tentang Workshop Karantina Ikan dan Karang Hias. Jadi kegiatan ini diharapkan semua anggota Gapekhi bisa ikut,” lanjut Sulkifli.

Adapun kegiatan workshop atau pelatihan akan digelar oleh Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar (BBKIPM).

“Pelatihan yang akan diikuti anggota Gapekhi Sulsel tersebut, sesuai jadwal dilangsungkan pada pertengahan Juni 2022. Pihak pelaksana dari BBKIPM Makassar,” jelasnya.

Tentang Gapekhi

Gapekhi merupakan Gabungan Pengusaha Koral Dan Ikan Hias Indonesia yang didirikan pada tahun 2021. Gapeki wadah supplier koral dan ikan hias yang ada di wilayah Sulawesi.

Anggota Gapekhi yakni PT. Meydi Farm, PT. Dinar Darum Lestari, CV. Rezky Bahari, CV. Banyu Samudra Lestari, CV. Pancamina Jaya, CV. Fadil Utama, CV. Virly Jaya Abadi, UD. Citra Samudra, UD. Hidayah, UD. Sukses Sejati, UD. Umega serta mitra kargo GAPEKHI yaitu PT. Ivana Gerak Semesta.

Tujuan pendirian adalah sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan kebijakan, konservasi dan pemanfaatan koral serta ikan hias.

Gapekhi turut memantau dan membina para anggota dalam melaksanakan perdagangan agar tidak menyimpang dari aturan nasional dan internasional.

Gapekhi juga menjaga kelangsungan berusaha bagi para pengusaha/supplier dalam menanggulangi tantangan dan hambatan.

Organisasi ini menjadi wadah mempererat kerjasama antaranggota dalam prinsip pemanfaatan secara lestari dan berkelanjutan.

Selain itu sebagai organisasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berpartisipasi dalam kegiatan Ilmiah serta konservasi.

Adapun visinya adalah sebagai mediator dalam menjalankan prinsip pemanfaatan yang lestari dan berkelanjutan terhadap sumberdaya karang hias dan ikan hias

Sedangkan Misi Gapekhi menjadi wadah untuk menjembatani kepentingan antara anggota dengan pemerintah atau pihak terkait lainnya serta menjalankan peraturan-peraturan dan fungsi sosial.

Fungsi sosial yang dimaksudkan adalah tanggung jawab untuk turut meningkatkan kesejahteraan nelayan. Serta mengedukasi nelayan dalam pemanfaatan koral dan ikan hias. (*)

Editor : Janur

Berita Terkait

Yusuf Penjual Somay Pakai Motor ini Setiap Saat Mangkal di Depan Kampus Unismuh Makassar

Tegas News

Wulan Siswa SMAN 21 Gowa Menilai Sosialisasi Unismuh Makassar Tampil Beda

Tegas News

Wujudkan Pelayanan Prima, Kapolsek bersama Personel Polsek Tompobulu Turun Melaksanakan Pengaturan di Depan Pasar

Tegas News

Wujudkan Impian dan Cita Cita, Nurul Cahyani Alumni SMA Negeri 1 Takalar Pilih Kuliah di Unismuh Makassar

Tegas News

Wujud Kepedulian, Wakapolres Gowa Kunjungi Anggota Yang Sakit dan Berduka

Tegas News

WOW, SEMARAK ULTAH DI KOMPLEKS BULOG

Tegas News