Tegas News
Pendidikan

Dr Ihyani Malik : Baitul Arqam Dosen Fisip Unismuh Kenangan yang Sulit Dilupakan

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Selama dua hari Sabtu-Ahad 21-22 Mei 2022, dosen dan karyawan Fisip Unusmuh Makassar mengikuti Baitul Arqam (BA) di Mini Hall Fisip Lt. 5, Rektorat Unismuh Gedung Iqra.

BA ini secara resmi dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag, Sabtu pagi dan ditutup oleh Dekan Fisip Unismuh, Dr.Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si, Ahad sore, 22 Mei 2022.

Pada sambutan penutupan, Dr. Ihyani Malik mengatakan, selama dua hari kegiatan dan bermalam sama sama menjadikan para dosen dan karyawan peserta BA, akan menjadi kenangan yang sulit dilupakan.

Para peserta satu malam tidur bersama di lokasi acara BA, sepertinya ada yang tidak tidur semalam karena gembira dan senang ketemu sesama dosen.

Lewat BA ini para peserta mendapat kebahagian berupa ilmu dan silaturrahim sesama dosen dan karyawan Fisip.

Para lepasan BA ini diharapkan akan semakin punya kesadaran, pemahaman dan pengetahuan secara lebih luas tentang ber-Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah.

Ketua Panitia Pelaksana BA, Wakil Dekan IV FISIP Unismuh Makassar, Muh Amin Umar, S.Ag, M.Pd.I, dalam laporannya menyatakan, peserta BA ini diikuti Dosen Tetap Yayasan Muhammadiyah sebanyak 40 orang dan dosen DPK14 orang.

Para peserta itu menginap satu malam dengan materi yang cukup padat termasuk praktek ibadah salat, berwudhu, tayammum, ceramah membaca kitab suci Al-Quran.

“Akan tetapi tidak semua ikut kegiatan ini termasuk Wakil Dekan 1, menyelesaikan studi di Yogya, Wakil Dekan II kuliah di Italia dan Wakil Dekan III lagi sakit,” ungkapnya.

Materi di hari pertama diantaranya: Profil Kader Muhammadiyah dibawakan oleh Ustad Drs Samsuriadi P Salenda MA, Tuntunan Ibadah Sesuai Tarjih Muhammadiyah disajikan oleh Dr Abbas Baco Miro Lc MAg.

Materi selanjutnya Hakekat Islam Peran Tauhid dalam Kehidupan, disampaikan oleh KH. Ahmad Tawalla, dan Paham Agama dalam Muhammadiyah disampaikan, Husain Abd Rahman SPd MPdI.

Hari kedua ada tiga materi disajikan yakni; Khittah Perjuangan (Politik Kenegaraan) Muhammadiyah dan Konsep Darul Adi Wa Syahadah dibawakan, Dr Syarifuddin Jurdi S.Sos MSi.

Materi kedua PHIWM dalam Mengelola AUM dibawakan Prof Dr H Irwan Akib MPd, serta materi terakhir menjelang penutupan adalah Menejemen Organisasi dan Akhlak Bermuhammadiyah dibawakan Dr Ir H Muh Saiful Saleh MSi.

Sebelum acara ditutup secara resmi pihak tim instruktur mengumumkan tiga peserta dengan tiga kategori. Pertama peserta paling rajin ikut semua rangkaian materi, Dr. Mappamiring, M.Si.

Kedua peserta terfavorit atas nama, Adnan Ma’ruf, S.Sos, M.Si serta ketiga peserta terbaik, Nur Khaerah, S.IP, M.IP.
Ketiga peserta itu masing masing diberi satu judul buku tentang Guru yang ditulis Dr.Siti Suada Rimang, M.Hum.

Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel menurunkan Tim Instruktur, Master of Training, Drs Amir, MR, M.Pd.Vice of Master: Ya’kub, S.Pd.I, M.Pd.I. Imamah Of Training, Dr.M.Ilham Muchtar, Lc, MA. Anggota: Dra.Jumiati Nur, M.Pd dan Dr.Siti Suada Rimang, M.Hum.***.

Editor: Yahya

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News