Tegas News
Pendidikan

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Dr.H. Andi Sukri Syamsuri, A.Md, S.Pd,M.Hum, panggilan akrab Dr Andis, membuka dan jadi pemateri pada Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Dosen.

Kegiatan ini digelar oleh Badan Perencanaan, Pengawasan dan Manajemen Teknologi Informasi (BAPEPAN-MTI) Unismuh Makassar, Rabu-Kamis (16-17/2/2022).

Dr Andis saat membuka acara mengungkapkan bahwa Pimpinan Universitas mendorong para dosen meningkatkan produktivitas menulis artikel ilmiah.

Pada kesempatan itu Dr Andis membawakan materi dengan judul Tatabahasa dalam Penulisan Artikel Ilmiah.

Dijelaskan, penggunaan bahasa yang benar menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) merupakan salah satu faktor sangat penting dalam penyusunan sebuah karya ilmiah.

Pada PUEBI didalamnya meliputi ; pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, ungkap Sekretaris Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Sulsel ini.

Ragam bahasa ilmiah yang digunakan dalam karya tulis ilmiah sebaiknya mengikuti kaidah tata bahasa Indonesia dan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia, ungkap mahasiswa teladan RI 1993 ini.

Pada karya tulis ilmiah ragam bahasa yang digunakan adalah ragman bahasa ilmiah atau disebut juga bahasa standar (baku), sebagai bahasa standar ada aturan aturan tata bahasa dan pedoman ejaaan yang perlu diikuti , tandas Tim Penyelia PPG Kemenristekdikti RI.

Standar berbahasa yang perlu diperhatikan dalam ragam bahasa yakni; pemilihan kata yang tepat; kalimat efektif; kepaduan paragraph; pedoman penulisan

Pada artikel ilmiah masih dapat ditemui penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan standar aturan berbahasa Indonesia. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai tersebut dapat ditemukan berupa ketidaktepatan dalam penggunaan/ penyusunan kata, kalimat, paragraph dan pedoman penulisan, kata ungkap Timsel Anggota KPU Sulsel Pemilu 2019 ini.

Ketua Devisi Pengembangan Produktivitas SDM Bapepan-MIT Hartono Bancong PhD. Kegiatan ini digelar di Unit Business Center (UBC), Gedung Iqra Lantai II Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, selama dua hari, Rabu-Kamis, 16-17 Februari 2022.

Menurut Hartono, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas artikel jurnal ilmiah para dosen Unismuh, baik di jurnal Nasional Terakreditasi dan Internasional Bereputasi.

Kegiatan ini, kata Hartono, diikuti 50 orang dosen yang merupakan dosen yang berasal dari berbagai fakultas dan prodi yang ada di Unismuh. “Peserta mendaftar melalui link yang telah disiapkan panitian,” lanjut peraih gelar Doktor bidang pendidikan Fisika di Seoul National University Korea Selatan itu.

Materi disajikan dan narasumber hari pertama yaitu Tata Bahasa dalam Penulisan Artikel Ilmiah (Dr Andi Sukri Syamsuri), Teknik Penelusuran Jurnal Nasional dan Internasional (Ahmad Harakan MHI), Strategi Penulisan Artikel Ilmiah (Hartono Bancong PhD), dan Teknik Sitasi dan Penulisan Daftar Pustaka (Muh Arief Muhsin MPd).

Pada hari kedua, materi Jurnal Ilmiah dan Akreditasi disampaikan Dr Abdul Rakhim Nanda, sedangkan materi Penulisan Cover Letter disampaikan Dr Rahmi.

Setelah menerima materi, peserta juga akan didampingi dalam menyelesaikan artikel jurnal ilmiah hingga mengirimkan ke jurnal nasional dan internasional bereputasi. ***

EDITOR : JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

Workshop Pendampingan Resmi Ditutup, 13 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Siap Terapkan Kurikulum Berbasis OBE

Tegas News