Tegas News
Pendidikan

Kepsek UPT SPF SMPN 8 Makassar, Launching English Lovers Community.

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Kepala UPT SPF SMPN 8 Makassar, Ruslan, S.Pd, MM, telah Launching “English Lovers Community” di Aula Terbuka SMPN 8 Makassar, Senin 28 Maret 2022.

Kepala UPT SPF SMPN 8 Makassar, Ruslan, S.Pd, MM, menyampaikan terima kasih kepada Prof.H.M.Asfah Rahman, M.Ed, Ph.D sebagai Dosen Pembimbing dan Mahasiswa UNM yang telah bekerja sama dengan guru-guru Bahasa Inggris SMPN 8 Makassar, dalam membentuk Komunitas Bahasa Inggris sebagai wadah tempat siswa mengembangkan skill Bahasa Inggrisnya.

Harapan saya tidak hanya sekedar Launching, tapi kedepannya harus tetap berjalan, meskipun mahasiswa UNM tidak lagi berada di lingkungan SMPN 8 Makassar. Minimal kalau kita bertemu mengucapkan kalimat Bahasa Inggris ” I Love You” atau bertemu dengan guru-gurunya bisa menyapa dengan Bahasa Inggris satu atau dua kalimat, ” harap Ruslan.

Wakasek Sarana dan Prasana, Hj.Darmawati, S.Pd, M.Pd mengatakan saat ini, Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa Global, karena digunakan di hampir semua hal, seperti dalam pendidikan teknologi, Pekerjaan, Komunikasi Ilmiah, dan masih banyak lagi.

Komunitas pecinta Bahasa Inggris dibentuk sebagai bentuk kesadaran SMPN 8 Makassar, tentang pentingnya Bahasa Inggris, namun belajar Bahasa Inggris tidak berarti melupakan bahasa ibu kita Bahasa Indonesia, ” Ungkapnya.

Menurutnya, ELC merupakan kerjasama antara SMPN 8 Makassar dan “Ajarmi” Asistensi Mengajar Mandiri dari Universitas Negeri Makassar. May this collaboration long last and Success in all aspect. Semoga kerjasama ini, berjalan terus dan sukses di semua aspek, ” kata Hj. Darmawati.

Pengawas Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hasmawati, S.Pd, M.Pd mengatakan langkah komunikatif yang dilakukan untuk berkomunikasi akan terbentuk pembiasaan menggunakan Bahasa Inggris. Kalau di SMPN 8 Makassar, memang sudah pernah ada kelas Bilingual, untuk melanjutkan program yang sudah ada.

Harapan saya, mudah-mudahan komitmen lebih merangkul, lebih banyak lagi anggotanya, kalau perlu semua siswa masuk menjadi anggota English Lovers Community agar terbentuk kebiasaan dalam berkomunikasi Bahasa Inggris di lingkungan Sekolah.” harap Hasmawati.

Pengawas Disdik Kota Makassar, Haswamati, S.Pd, M.Pd menyampaikan Selamat atas terbentuknya Komunitas ini, untuk mendukung program yaitu Merdeka Belajar.

Sementara itu, Dosen Pembimbing UNM, Prof.H.M.Asfah Rahman, M.Ed, Ph.D, mengatakan mengapresiasi yang cukup tinggi kepada Guru-guru SMPN 8 Makassar, mendampingi para Mahasiswa dalam Program Asistensi Mengajar Mandiri (Ajarmi) UNM.

Harapannya, mudah-mudahan program ini berjalan secara terus menerus, lita tahu bersama bahwa Bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa komunikasi antar bangsa ( Lingua Franca), untuk itu kepada siswa setiap membaca buku Bahasa Inggris upayakan dengan membaca nyaring karena lidah kita tidak terbiasa dengan Bahasa Inggris, akan lebih fleksibel kalau dalam hati tidak ada ucapan yang salah semua benar. Membaca nyaring itu lebih muda untuk mengingat dibanding mendengar bahasa itu adalah pembiasaan lahir dari berbagai teori, menelusuri mereka dengan minatnya, pembiasaan itu dicoba dengan kaidah mengajar Bahasa Inggris jangan takut untuk berbuat, mari berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan, kata Asfah Rahman.

Acara ini, turut dihadiri, Kepsek UPT SPF SMPN 8 Makassar, Ruslan, S.Pd, MM, Dosen Pembimbing UNM, Prof.H.M.Asfah Rahman, M.Ed, Ph.D, Pengawas Disdik Kota Makassar, Hasmawati, S.Pd, M.Pd, Koodinator Guru Penggerak Angkatan ke 2, Nusul Haq, S.Pd, M.Ed, Pengurus MGMP Bahasa Inggris, Syarifah Saleh, S.Pd, M.Pd, Guru Bahasa Inggris dan Guru Mata Pelajaran, Mahasiwa UNM, Siswi-siswa SMPN 8 Makassar. (Beddu Lahi/Nur’aeni AR).

Editor : Janur

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News