Tegas News
Pendidikan

Prof Syamsu A.Kamaruddin Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam M. TP., IPU, ASEAN, Eng, secara resmi, Jumat 18 Februari 2022 melantik Prof Dr.Syamsu A.Kamaruddin, M.Si selaku Ketua Prodi S3 Ilmu Sosiologi PPs-UNM menggantikan ketua prodi sebelumnya, Prof Dr.Andi Agustang, M.Si yang populer di panggil Prof AA.

Kepada media di ruang kerjanya Senin siang, 21 Pebruari 2022, saat menerima silaturrahim alumni S3 Sosiologi UNM, Dr.Muhammad Yahya, M.Si, Dr.Arda, M.Si dan Dr.Adi Sumandiyar, M.Si mengatakan akan meneruskan program dan kebijakan yang telah diletakkan oleh Ketua Prodi sebelumnya Prof AA.

Pada, saat silaturrahim itu turut hadir dalam ruangan, Direktur PPs-UNM, Prof Dr. Hamsu Gani, M.Pd, yang juga turut dilantik untuk periode kedua jabatan direktur pasca UNM.

Salah satu kebijakan itu adalah untuk menerbitkan kembali dan meningkatkan kualitas tata kelola manajemen jurnal Dialektika Kontemporer yang sudah pernah terbit beberapa edisi di masa Ketua Prodi Pro AA.

Kehadiran jurnal ilmiah yang dikelola secara profesional menjadi salah satu indikator dan daya saing program studi, apalagi prodi S3 jenjang doktoral.

Pada kondisi kini dosen dan mahasiswa dituntut setiap saat melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah yang dipublikasi pada jurnal ilmiah bereputasi.

Rektor UVRI Makassar pada masanya ini juga meminta kepada para alumni S3 Sosiologi agar setiap saat memberi masukan dan membangun kolaborasi untuk secara bersama dan menyatu mengembangankan dan membesarkan prodi pertama S3 Sosiologi di Kawasan Indonesia Timur ini.

Pelayanan akademik kepada para mahasiswa juga akan terus ditingkatkan dan membangun komunikasi yang lebih baik baik lagi, katanya.

Selain itu kerjasama dan membangun jejaring kolaborasi akan terus digencarkan. Apalagi saat ini ada beberapa alumni S3 Sosiologi telah sukses berkarier di tempat masing masing dan malah ada sudah berada pada posisi puncuk menjadi pimpinan perguruan tinggi dan instansi pemerintah dan swasta, tegasnya.

Para alumni ini sangat potensial dan memudahkan untuk membangun jejaring dan kolaborasi pada pengembangan dan penguatan prodi program doktoral sosiologi ini.

Guna membangun komunikasi lebih intensif dengan para alumni dalam waktu dekat akan mengaktifkan kembali kehadiran IKA S3 Sosiologi PPS-UNM, agar dapat menjadi mitra dalam membesarkan dan memberi daya saing prodi ini, ungkapnya.

Sosok Prof Syamsu adalah Sarjana Ilmu Pendidikan IKIP Ujungpandang 1983. Magister Sosiologi PPs-Unhas 2011 serta Doktor Sosiologi PPs-UNM termasuk angkatan pertama dan perintis kehadiran S3 Sosiologi UNM.

Dia mulai meniti karier jadi pengajar sejak 1985 diterima jadi dosen FKIP Universitas Tadulako Palu. Sejak 1989 pindah ke Kopertis Wilayah IX Sulawesi ditempatkan di UVRI Makassar.

Dikampus ini meniti karier, posisi pernah dilewati, Sekretaris Jurusan FKIP UVRI 1990. Setahun kemudian diberi amanah jadi Pembantu Dekan I FKIP UVRI 1991. Dekan FKIP UVRI dijabat 1993-1996.

Jabatan karier terus berpindah 1997-2000 jadi Pembantu Rektor III UVRI Makassar. Selanjutnya 2001-2004 diangkat jadi Pembantu Rektor II UVRI Makassar.

Pembantu Rektor I dijalani 2007-2009. Tahun 2010 diberi amanah menjadi rektor, posisi jabatan tertinggi dalam institusi pendidikan tinggi. Sejak 2019 pindah mengajar dari Kantor LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi ke FIS UNM.***

EDITOR : YAHYA/JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News