Tegas News
Pendidikan

Rektor Prof Ojat Darojat: UT Bukan Yang Terbaik Tapi Yang Terbesar

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR, Rektor Universitas Terbuka (UT), Prof Ojat Darojat, M .Bus, Ph.D mengakui kalau Perguruan Tinggi Negeri Universtas Terbuka (UT) bukanlah perguruan tinggi yang terbaik di Indonesia, tetapi UT adalah perguruan tinggi yang terbesar.

Rektor Prof Ojat Darojat, didampingi Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si menyampaikan hal ini ketika memberikan sambutan pada wisuda program diploma, sarjana dan magister UT Makassar tahun akademik 2021- 2022, Selasa 25 Januari 2022 di Claro Hotel Makassar.

Lebih lanjut Prof Ojat Darojat mengatakan, UT sejak berdiri 1984 atau tepatnya 37 tahun silam telah banyak bertransfomasi dan akselerasi inovasi sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh yang modern. Sekarang ini telah memiliki 39 kantor layanan UT baik dalam negeri maupun luar negeri.

Seiring kemajuan teknologi maka komunikasi layanan di UT semakin lancar dan semakin bagus, karena mahasiswanya telah terbiasa dengan perkuliahan secara online.

Sehubungan dengan itu, UT dengan pengalaman sebagai penyelenggara pendidikan jarak jauh dan modern, telah banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik di negeri ini datang belajar ke UT model sistem pembelajaran online yang efektif.

Prof Ojat dalam kesempatan ini juga menyampaikan selama 37 tahun berdirinya UT sangat banyak kendala dan kemajuan yang telah dicapai oleh UT.

Dan terkait pesan serta keinginan Pak Jokowi tentang pendidikan, yaitu pendidikan di Indonesia untuk semua dan merata hingga pelosok wilayah terpencil, maka UT harus hadir sebagai solusinya.

Masalah berikutnya di pendidikan, orang yang sudah bekerja seperti guru dan lainnya tidak lagi memumgkinkan meningkatkan kompetensinya karena tetikat oleh pekerjaannya. Oleh karena itu UT akan hadir membuka layanan di daerah daerah agar orang yang ada didaerah dapat meningkatkan kompetensinya tanpa meninggalkan daerahnya.

Masalah selanjutnya banyak orang tidak lagi melanjutkan studiny karena terkendala biaya, dan UT hadir memudahkan masyarakat untuk pembayaran uang kuliah, pembayaran uang SPP UT sangat terjangkau dan jauh beda dengan perguruan tinggi lainnya.

Wisuda UT tahun akademik 2021-2022 sangat berbeda jika dibanding pada wisuda wisuda sebelumnya karena dihadiri dua walikota, yakni Walikota Makassar dan Walikota Palopo serta dua bupati, yakni Bupati Wajo dan Bupati Bone serta Wakil Bupati Soppeng, Wakil Buoati Jeneponto dan perwakilan sejumlah daerah yakni Bupati Maros diwakili Asisten III Bidang Pemerintahan serta mantan Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Prof Dr Jasruddin serta mitra UT.

Prosesi wisuda bakal diikuti 500 alumni, sebanyak 100 Alumni secara luring dan sisanya 400 alumni secara daring dan luring.

Alumni yang diwisuda berasal dari 4 fakultas yakni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Ekonomi (FE).

EDITOR : YAHYA/JANUR

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News