Tegas News
Pendidikan

PDM Sinjai Mengelola Amal Usaha dari TK Sampai Perguruan Tinggi

TEGASNEWS.ID – SINJAI. Saat ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sinjai mengelola badan usaha pada bidang pendidikan mulai dari jenjang Taman Kanak Kanak (TK) sampai dengan Perguruan Tinggi. Amal usaha ini menyebar pada cabang dan ranting.

Demikian ditegaskan Ketua PDM Sinjai, Drs H. Zainuddin Fatbang kepada media pertengahan Mei 2022 di Makassar.

Dijelaskan, amal usaha bidang pendidikan itu di antaranya Taman Kanak Kanak Aisyiyah I yang ada di Balangnipa, SD Muhammadiyah juga di Balangnipa. Tsanawiyah Muhammadiyah di Bikeru dan Pattongko.

SMK Muhammadiyah Balangnipa, SMA Muhammadiyah Pattongko. Aliyah Muhammadiyah Bontosalama serta ada Pondok Pesantren di Sinjai Tengah.

Ada dua Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Sinjai yakni Institut Agama Islam, Muhammadiyah Sinjai (IAIM) Sinjai Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI).

Kedua perguruan tinggi itu mendidik mahasiswa bukan hanya berasal dari Sinjai tetapi ada juga dari Bone, Bulukumba, Kolaka dan daerah lainnya.

Kehadiran dua perguruan tinggi itu sehingga mayoritas imam imam di desa dan aparatur di desa Sinjai adalah para alumni dari IAIM Sinjai dan UMSI.

Kehadiran Pimpinan Cabang (PCM) Muhammadiyah di Sinjai menyebar pada 10 kecamatan, malah ada satu kecamatan yakni Sinjai Timur dibagi dua PCM.

Jadi saat ini ada 11 PCM dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) juga menyebar secara merata pada desa dan kelurahan di Sinjai, katanya.

Jejak kehadiran Pergerakan Muhammadiyah Sinjai menurut catatan sejarah bermula pada 1926 dengan berdirinya Grup Muhammadiyah Bua Sinjai Timur saat ini, tegasnya.

Lokasi Pusat Dakwah Muhammadiyah Sinjai yang saat ini berada di Balangnipa, adalah tanah wakaf dari Arung Bua, kata Sekkab Sinjai pada masanya ini. ***

EDITOR : YAHYA

Berita Terkait

Yusriani Yusuf Kuliah di Prodi PGSD Kampus Negeri Universitas Terbuka Luwu Timur Karena Mudah Membagi Waktu

Tegas News

YPLP PGRI Sulsel Kelola SMK dan SMA Menyebar di Kabupaten dan Kota

Tegas News

Yayasan Indonesia Timur bersama Civitas Akademika UIT Adakan Halal Bi Halal.

Tegas News

Wujudkan Generasi Beriman Himaprodi S1 Kesmas FKM UIT Salurkan Waqaf Al Quran di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Tegas News

WR II Unismuh Makassar Dr.Andis Kembali Luncurkan Buku Ketiga Selama Masa Covid-19

Tegas News

WR II Unismuh Dr Andis Membuka dan Pemateri Workshop dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah

Tegas News