Tegas News
Uncategorized

Dr. Arda Senaman, M.Si: Orang Manggarai di Makassar Gelar Turnamen Sepak Bola Cibal Raya Cup I

TEGASNEWS.ID – MAKASSAR. Orang Manggarai perantauan yang tinggal menetap di Kota Metropolitan Makassar saat ini sedang menggelar Turnamen Sepak Bol Cibal Raya Cup I. Turnamen kali ini diikuti 48 club sepak bola yang berasal dari wakil kecamatan yang ada di Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Turnamen berlangsung cukup lama mulai babak penyisihan awal Agustus 2022 dan babak final di perkirakan Maret 2023. Total jumlah pertandingan sebanyak 26 kali pelaksanaan. Pertandingan di gelar setiap hari Ahad di Lapangan Sepak Bola Armed Makassar.

Demikian ditegaskan Ketua Komisi Disiplin Turnamen Sepak Bola Cibal Raya Cup I, Dr.Arda Senaman, M.Si kepada media di Warkop Cappo Makassar, Rabu siang 11 Januari 2023.

Dijelaskan, setiap kali pertadingan pada hari Ahad jumlah club yang bermain sebanyak 10 dengan lima kali pertandingan mulai dari jam 09.00-17.00 WITA dengan suasana pertandingan ramai dengan riuh rendah para penonton orang Manggarai yang tinggal di Makassar, jadi suporter tim yang sama asal kecamatan di Manggarai, tegas tokoh masyarakat Manggarai di Kota Makassar ini.

Saat ini pada putaran pertama dengan sistem setengah kompetisi pertandingan sudah berlangsung selama 19 kali dan kini sedang menanti rampung babak penyisihan untuk kemudian masuk pada putaran kedua mencari 16 besar yang kemudian bertanding secara sistem gugur sampai masuk pada putaran final, ungkap Rektor Universitas Satria Makassar pada masanya ini.

Sampai dengan pertandingan ke-19 , tim yang meraih poin tertinggi adalah, Persatuan Sepakbola (PS) Gamara dengan jumlah poin 12, disusul PS Panser (10), PS Reok 1 (10), PS Congkar (10), PS Laut (9), PS RBK (9), PS Cibal Raya I (8), ungkap alumni SD Inpres Waewako Lembor Flores 1980 ini.

Sesuai jadwal pada pertandingan ke-20, Ahad 15 Januari 2023 akan bermain pada jam pertama 09.00-12.20 WITA, PS Parma lawan PS Lawir Raya, jam kedua 10.40-12.00 akan berhadapan PS Cibal Timur 2 melawan PS Kaka Botek, jam ketiga 12.20-13.40 WITA, PS Laut lawan PS Andora, jam keempat 14.00-15.20, PS Watu Lanur lawan PS IKAPPRI, jam kelima, 15.40-17.00 WITA, PS Wae Rii lawan Persamba, tandas doktor sosiologi PPs-Universitas Negeri Makassar ini.

Setiap kali berlangsung pertandingan pada setiap hari Ahad, penoton berdatangan dari orang orang Manggarai yang tinggal menetap di Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros, kata penulis buku Diaspora Manggarai Perantauan Studi di Kota Metropolitan Makassar ini.

Turnamen Sepak Bola Cibal Raya Cup I ini sekaligus menjadi sarana hiburan bagi orang Manggarai Perantauan untuk salin menjali tali persaudaan dan persahabatan sesama orang perantau.

Selama ini ada beberapa turnamen sepak bola yang digelar oleh orang Manggarai Perantuan di Makassar termasuk turnamen sepak bola Komodo Cup, Elar Cup serta Manggarai Timur Cup. Khusus untuk Turnamen Sepakbola Cibal Raya I ini dengan Ketua Panitia Pelaksana, Primus Tarus. tegas dosen sosiologi Fisip Universitas Sawerigading Makassar ini. ***

Editor : Janur

Berita Terkait

Yusuf Penjual Somay Pakai Motor ini Setiap Saat Mangkal di Depan Kampus Unismuh Makassar

Tegas News

Wulan Siswa SMAN 21 Gowa Menilai Sosialisasi Unismuh Makassar Tampil Beda

Tegas News

Wujudkan Pelayanan Prima, Kapolsek bersama Personel Polsek Tompobulu Turun Melaksanakan Pengaturan di Depan Pasar

Tegas News

Wujudkan Impian dan Cita Cita, Nurul Cahyani Alumni SMA Negeri 1 Takalar Pilih Kuliah di Unismuh Makassar

Tegas News

Wujud Kepedulian, Wakapolres Gowa Kunjungi Anggota Yang Sakit dan Berduka

Tegas News

WOW, SEMARAK ULTAH DI KOMPLEKS BULOG

Tegas News